Tingkatkan Partisipasi Pemilih, TPS 17 Desa Longos Sumenep Sediakan Perpustakaan Mini dan Doorprize -->


Tingkatkan Partisipasi Pemilih, TPS 17 Desa Longos Sumenep Sediakan Perpustakaan Mini dan Doorprize

Rabu, 17 April 2019, 10:03 AM
loading...
Suasana TPS Literasi di TPS 17 Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Jawa Timur
Suasana TPS Literasi di TPS 17 Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Jawa Timur. (Foto Rif/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Guna meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus menumbuhkan minat baca, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 di Dusun Telentean, Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Jawa Timur menyediakan perpustakaan mini dan berbagai hadiah.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) sengaja mengemas TPS dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 204 orang itu dengan konsep Gubuk Literasi. Di dalamnya, panitia menyiapkan perpustakaan dan menempel foto berikut profil tokoh-tokoh Nasional.

Dengan begitu, sambil menunggu dipanggil, para pemilih memanfaatkan waktu untuk menambah wawasan dengan membaca buku.

"Kami sengaja mengambil konsep gubuk literasi ini, karena ingin mengajak para pemilih untuk membiasakan diri membaca di saat apapun dan mengenalkan kepada masyarakat yang belum mengenal para tokoh-tokoh tersebut," kata Ketua KPPS 017, Baddrut Taman, Rabu (17/04/2019).

Pria penerima beasiswa S2 LPDP Unesa Surabaya itu menjelaskan, tujuan utama TPS 17 berkonsep Gubuk Literasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Bahkan, panitia juga menyiapkan hadiah bagi pemilih yang beruntung. Hadiah yang disiapkan adalah berbagai peralatan dapur, seperti wajan, sutil dan centong.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dan kami senang, hingga saat ini (Pukul 10.00 WIB), jumlah yang hadir telah mencapai 60 persen. Nanti hingga ditutup, kami optimis mencapai 90 persen yang hadir dari jumlah DPT," terangnya.

Salah satu calon pemilih di TPS 017, Risnani (31) mengaku senang dengan adanya TPS yang menyiapkan hadiah. Menurutnya, hal itu baru pertama kali terjadi di desanya dan berhasil membuat masyarakat antusias untuk mencoblos sekaligus mendapatkan hadiah.

"Ya senang datang ke TPS ini. Ada hadiahnya lagi," ungkapnya.

Tidak hanya dapat apresiasi dari calon pemilih, TPS tersebut juga mendapat respon positif Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Longos, Achmad Fikri Syah. Ia berharap dengan adanya TPS yang unik dan memberikan hadiah mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.


"Tentu kami mengapresiasi cara panitia membuat TPS ini (unik). Sehingga, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih mencapai 85 hingga 90 persen," ucapnya. (Rif/Fiq)

TerPopuler