Jelang Pemilu 2019, Bupati Sumenep Imbau Masyarakat Ciptakan Suasana Kondusif -->

Jelang Pemilu 2019, Bupati Sumenep Imbau Masyarakat Ciptakan Suasana Kondusif

Minggu, 14 April 2019, 3:34 PM
loading...
Bupati Busyro Karim saat sambutan pada Apel Akbar Pengawasan Pemilu 2019 Kabupaten Sumenep di GOR A. Yani, Minggu (14/04/2019)
Bupati Busyro Karim saat sambutan pada Apel Akbar Pengawasan Pemilu 2019 Kabupaten Sumenep di GOR A. Yani, Minggu (14/04/2019). (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Menjelang hari H Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berharap kepada masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi menciptakan kondusifitas daerah.

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim meminta seluruh lapisan masyarakat harus tetap solid menjaga simpul persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan pilihan politik, baik pemilu presiden dan wakil presiden, legislatif mulai tingkat kabupaten hingga pusat, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Jangan jadikan perbedaan pilihan sebagai alasan saling membenci, saling merendahkan dan saling memfitnah. Ingatlah bahwa kita adalah satu bersaudara, satu berbangsa dan satu bernegara,” tegasnya pada Apel Akbar Pengawasan Pemilu 2019 Kabupaten Sumenep di GOR A. Yani, Minggu (14/04/2019).

Bupati Busyro mengajak seluruh elemen masyarakat menolak sekaligus melawan politik yang mengarah pada tindakan dan perbuatan yang bisa mencederai pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab pesta demokrasi itu adalah ikhtiar politik untuk menjembatani aspirasi masyarakat dalam memilih pemimpin.

“Mari kita tolak dan lawan segala bentuk perilaku-perilaku yang mencederai dan mengotori kesucian demokrasi di negeri ini,” ajaknya.

Kemudian, orang nomor satu di Kabupaten Sumenep tersebut mengungkapkan, masyarakat hendaknya menyambut pemilu sebagai pesta demokrasi dengan riang dan gembira, untuk memilih pemimpin terbaik di negeri ini demi membawa Indonesia yang lebih baik.

“Pemilu adalah ikhtiar politik untuk menjembatani aspirasi masyarakat dalam memilih pemimpin di lima tahun ke depan. Untuk itu kita sambut pemilu dengan rasa senang dan gembira,” katanya, menegaskan.

Selain itu, Bupati Busyro menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu setempat beserta seluruh jajarannya dan semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan tahapan pemilu di daerah sampai berakhirnya masa kampanye.

“Semoga, suasana kondusif seperti itu tetap bertahan hingga saat pemungutan suara tanggal 17 April besok dan setelah pemungutan suara,” harapnya.

Untuk diketahui, hari ini, Minggu (14/04) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Apel Akbar Pengawasan Pemilu 2019 secara serentak di masing masing daerah pemilihan (Dapil) Se-Kabupaten Sumenep.

Apel Akbar tersebut melibatkan seluruh jajaran Pengawas di bawah naungan Bawaslu di 7 dapil yang terdapat di Kabupaten Sumenep, meliputi Panwaslu Kecamatan, Pengawas Desa dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Komisioner Bawaslu Sumenep, Abd Rahem menjelaskan, Apel tersebut merupakan langkah awal mempersiapkan seluruh anggota Pengawas Pemilu untuk melakukan pengawasan 4 hari jelang Pemilu 2019.


“Hari ini kami jajaran Pengawas Pemilu mulai dari tingkat atas hingga ke tingkat PTPS siap mengawasi dengan seksama mulai dari proses hingga pelaksanaan Pemilu di 17 April nanti,” tegas Rahem. (RK/Fiq)

TerPopuler