Bupati Sumenep Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung -->

Bupati Sumenep Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Senin, 11 Maret 2019, 9:02 PM
loading...
Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Tarogan, Kecamatan Lenteng. (Foto Ist/Humas Pemkab Sumenep)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim memberikan bantuan kepada korban bencana alam angin puting beliung, Senin (11/03/2019).

Bupati mengunjungi salah satu desa terdampak yang paling parah di Dusun Kebun, Desa Tarogan, Kecamatan Lenteng pasca diterjang angin puting beliung yang melanda sebagian besar desa di Kecamatan Lenteng dan Kecamatan Saronggi, Minggu (10/03/2019) kemarin.

Bupati Busyro menyampaikan, bantuan untuk korban bencana alam angin puting beliung tersebut berupa makanan siap saji, pakaian, terpal, matras, dan perlengkapan bayi.

Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan bantuan dana untuk membantu meringankan biaya perbaikan rumah yang rusak. Hanya saja, bantuan keuangan belum bisa diberikan pada hari ini.

“Kami masih menunggu hasil pendataan rumah terdampak angin puting beliung untuk menentukan jumlah rumah yang rusak ringan, sedang, dan rusak berat. Sebab, jumlah bantuannya menyesuaikan dengan tingkat kerusakan masing-masing rumah,” ungkapnya di sela-sela penyerahan bantuan, Senin (11/03/2019).

Bupati berharap, agar korban bencana alam angin puting beliung bersabar melawan musibah yang menyebabkan kerusakan itu. Mereka juga diharapkan memperbaiki kerusakan rumah dan tidak menunggu bantuan pemerintah daerah.

"Saat ini, Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama jajaran TNI, Polri, dan masyarakat membantu memperbaiki rumah yang rusak, seperti menurunkan dan memperbaiki genteng, rumah darurat bencana," terang Bupati Busyro.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi menambahkan, pihaknya juga akan memberikan bantuan untuk korban angin puting beliung di desa lainnya.

“Bantuan untuk korban di Desa Poreh Kecamatan Lenteng, Desa Talang dan Desa Kambingan Timur, Kecamatan Saronggi menyusul setelah penyerahan bantuan di Desa Tarogan ini,” tuturnya.

Rahman menjelaskan, akibat terjangan angin puting beliung pada Minggu kemarin menyebabkan puluhan rumah di dua kecamatan mengalami kerusakan, yakni di Kecamatan Lenteng dan Kecamatan Saronggi.


“Rumah rusak terdampak angin puting beliung di Kecamatan Lenteng antara lain yakni, Desa Tarogan sebanyak 40 rumah dan Desa Poreh sebanyak 6 rumah. Sedangkan di Kecamatan Saronggi yakni di Desa Talang sebanyak 14 rumah dan Desa Kambingan Timur sebanyak 6 rumah,” pungkasnya. (RK/Fiq/*)

TerPopuler