Buka Diklatpim ASN IV Angkatan 3 Tahun 2019, Ini Pesan Sekda Sumenep -->

Buka Diklatpim ASN IV Angkatan 3 Tahun 2019, Ini Pesan Sekda Sumenep

Rabu, 13 Februari 2019, 12:58 PM
loading...
Sekda Sumenep, Edy Rasiyadi mengalungkan kartu peserta Diklatpim ASN ke IV Angkatan 3 Tahun 2019 secara simbolis. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Diklat Kepemimpinan IV Angkatan 3 tahun 2019 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berlangsung hari ini, Rabu (13/02/2019). Hadir sekaligus membuka acara di SKD Batuan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasiyadi.

Saat sambutan, Sekda menyampaikan pelaksanaan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) diharapkan tidak hanya menjadi sarana menambah wawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Namun lebih dari itu, kegiatan tersebut nantinya mampu menguatkan kebersamaan dan keharmonisan para pejabat.

"Diklatpim harus dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi di antara pejabat dalam rangka bersama-sama menyukseskan program pembangunan daerah, yang harus dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep," pesan Sekda Edy, Rabu (13/02/2019).

Menurutnya, jika ada pemimpin dan pejabat tidak memiliki kebersamaan pola pikir dan sikap harmonis untuk membangun Kabupaten Sumenep, tentu saja sangat membahayakan, terutama dalam penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan. Karena itu, meskipun berbeda dalam tugas pokok dan fungsinya, para pejabat harus memiliki kecintaan dan kesamaan pemikiran sesuai masing-masing perannya untuk pelaksanaan pembangunan masyarakat.

"Meskipun pemimpin dan pejabatnya berbeda peran, sejatinya sama-sama berjuang untuk kemajuan Kabupaten Sumenep. Karenanya harus memiliki kecintaan dan pola pikir yang sama dalam membangun Kabupaten Sumenep," tegas Edy.

Makanya, proyek perubahan yang digagas di Diklatpim tersebut diharapkan Sekda tidak hanya sekadar formalitas atau persyaratan lulus semata. Melainkan, harus betul-betul direalisasikan dan diaplikasikan sesuai kebutuhan di masing-masing OPD.

"Dukungan para mentor maupun atasan langsung setiap OPD dalam mengembangkan proyek-proyek perubahan di Diklatpim bisa terlaksana dengan baik di masing-masing instansinya," pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, R. Titik Suryati menjelaskan, Diklatpim IV angkatan ke-3 tahun 2019 diikuti sebanyak empat puluh pejabat Eselon IV. Jumlah peserta terdiri dari Dinas sebanyak dua puluh tiga orang, Badan sebanyak tujuh orang, Bagian di Sekretariat Daerah sebanyak dua orang, Satpol PP sebanyak satu orang, Kelurahan sebanyak satu orang, dan Kecamatan sebanyak enam orang ASN.

"Diklatpim ini akan berlangsung selama seratus dua hari kerja, mulai sejak tanggal 13 Februari hingga 31 Mei 2019," tuturnya.

Pelaksanaan Diklatpim IV, lanjut Yatik, menggunakan sejumlah metode. Metode on kampus dimulai 13 Februari hingga 1 Maret, sedangkan metode off kampus mulai tanggal 2 hingga 9 Maret kembali ke masing-masing OPD-nya.


"Tahapan selanjutnya peserta kembali on kampus mulai tanggal 11 hingga 30 Maret, dan peserta kembali off kampus kembali ke setiap OPD-nya tanggal 1 April hingga 25 Mei, serta terakhir adalah on kampus untuk tahapan evaluasi progres implementasi tanggal 27 hingga 31 Mei 2019," pungkasnya. (Fiq/*)

TerPopuler