Ternyata Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Bisa Meningkatkan Stamina -->

Ternyata Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Bisa Meningkatkan Stamina

Jumat, 28 September 2018, 10:16 AM
loading...
Ilustrasi

E-KABARI.COM - Kopi dikenal dapat meningkatkan energi dan membuat yang meminumnya tetap fokus. Manfaat kesehatan dari minuman ini termasuk melindungi dari sirosis hati dan menurunkan risiko sejumlah penyakit seperti diabetes, alzheimer, penyakit jantung, hingga kanker kolorektal dan hati.

Dilansir dari Boldksy, Sabtu, 8 September 2018, baru-baru ini penelitian mengungkap kopi dapat memberikan stamina jika dikonsumsi sebelum tidur siang. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimia kopi berperan dalam membuat merasa kurang mengantuk, sehingga tidak membiarkan otak menerima adenosin.

Saat tidur, kadar adenosine mulai menipis, dan kafein yang dikonsumsi harus bersaing dengan jumlah adenosin yang lebih sedikit untuk reseptor yang ada di otak. Tidur diyakini dapat memperkuat dampak kopi dengan meningkatkan jumlah reseptor yang ada di otak, dan ini dianggap dapat memberikan tingkat energi pasca tidur siang setelah minum kopi.

Menurut pakar kesehatan, kunci untuk mendapatkan tidur siang terbaik adalah dengan minum 2 cangkir kopi sekitar 20 menit sebelum berencana untuk tidur siang. Alasan di balik ini adalah kafein akan membutuhkan banyak waktu untuk berinteraksi dengan otak.

Tidur siang selama 30 menit atau lebih akan membuat tidur nyenyak atau yang disebut Slow Wave Sleep (SWS). Kemudian, meminum kopi sebelum tidur siang diyakini akan bangun dalam keadaan semangat dan bergairah.

Sedangkan, para peneliti menyarankan bahwa jumlah yang tepat dari konsumsi kafein harus sekitar 200 mg, yang setara dengan 2 cangkir kopi. Lalu meminumnya 3 jam sebelum tidur. Hasilnya akan membuat Anda lebih berenergi dan aktif setelah bangun dari tidur siang.

Sumber: Benteng Sumbar

TerPopuler