Donggala Diguncang Gempa, Peringatan Potensi Tsunami Dikeluarkan -->

Donggala Diguncang Gempa, Peringatan Potensi Tsunami Dikeluarkan

Jumat, 28 September 2018, 10:42 PM
loading...

DONGGALA, E-KABARI.COM - Gempa berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 17.02 WIB.

Berdasarkan pesan yang disampaikan lewat akun Twitter Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di 0,18 LS, 119.85 BT atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

"Gempa di kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami," tulis BMKG. Lembaga itu merilis peringatan tsunami dengan warna kuning atau tingkat waspada.

Sebelumnya gempa mengguncang wilayah yang sama pada pukul 15.25 WIB dengan kekuatan 5,3 SR.

Satu orang dikabarkan meninggal dan 10 orang mengalami luka-luka akibat gempa tersebut dan kini dirawat di RSU Donggala.

Siaran pers BMKG yang dikutip AntaraPalu, Jumat menyatakan, BPBD Kabupaten Donggala melaporkan tercatat satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak.

Korban yang tewas dan luka-luka itu akibat tertimpa bangunan yang roboh.

Evakuasi masih dilakukan oleh petugas. Pendataan dan penanganan darurat masih dilakukan, tulis Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya.

Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman karena gempa susulan masih sering berlangsung.

Sumber: Tempo

TerPopuler