Lestarikan Tradisi Leluhur, Pemkab Sumenep Gelar Kirab Pengembalian Pusaka ke Keraton -->

Lestarikan Tradisi Leluhur, Pemkab Sumenep Gelar Kirab Pengembalian Pusaka ke Keraton

Senin, 17 September 2018, 11:16 PM
loading...
Bupati Sumenep saat menerima pusaka keraton di Pendopo Agung setempat. [Foto/E-Kabari]

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kirab pengembalian pusaka di Pendopo Agung setempat, Senin (17/09/2018).

Pusaka Keraton tersebut langsung diberikan kepada Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim. Saat itu warga Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi sekaligus juga menyerahkan hasil bumi.

“Setelah dua tahun berjalan (Penjamasan dan kirab pusaka), saya ingin kegiatan ini berlanjut ke tahun selanjutnya,” ucap Bupati Busyro usai menerima pusaka, Senin (17/09/2018).

Bupati menambahkan, tradisi dan budaya lokal yang ada di Kabupaten Sumenep harus dijaga. Apalagi, tradisi dan budaya menjadi bagian penting untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Mantan Ketua DPRD dua periode itu juga mengajak semua elemen masyarakat tetap menjaga warisan keris sekaligus kewajiban bersama untuk mewariskan keahlian membuat keris kepada generasi muda.

“Saya meminta pengrajin dan sesepuh pelaku keris Desa Aeng Tong-tong tidak bosan-bosan mengajari anak-anak muda di desanya membuat keris, guna melestarikan tradisi leluhur kepada generasi muda sebagai penerus,” harap Busyro. (Mam/Rif)

TerPopuler