Manuver Politik TGB, Ini Kata Peneliti LIPI -->

Manuver Politik TGB, Ini Kata Peneliti LIPI

Minggu, 08 Juli 2018, 9:07 PM
loading...
TGB Zainul Majdi saat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo

JAKARTA, E-KABARI.COM - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris berpendapat bahwa dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Zainul Majdi kepada Presiden Joko Widodo merupakan manuver politik untuk kepentingan dirinya pribadi.

“Pak TGB saya pikir dia melihat peluang bagi dia pribadi ke depan. Kan sudah tidak bisa menjadi kepala daerah lagi. Dia kan harus mencari peluang politik. Nah peluang politik itu dalam kacamata dia ada bila mendukung Jokowi ketimbang mendukung kekuatan oposisi,” ujar Syamsuddin saat ditemui di kantor PARA Syndicate, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Diketahui pada Pemilu Presiden ( Pilpres) 2014, NTB merupakan salah satu daerah lumbung suara bagi Prabowo.

Perolehan suara Prabowo di NTB lebih tinggi dari Jokowi.

Syamsuddin mengatakan, langkah yang dilakukan TGB belum tentu juga diikuti oleh Partai Demokrat.

“Saya kira belum tentu (Partai Demokrat) gabung ke pendukung Jokowi), sebab TGB enggak sowan atau minta izin. Enggak minta restu ke pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),”kata dia.

Lebih lanjut, saat ditanyai akan peluang TGB menjadi pendamping Jokowi saat Pilpres 2019, Syamsuddin menilai kemungkinan kecil hal tersebut terwujud.

“Saya melihat sih tidak juga (cawapres). Belum tentu juga. Paling tidak mungkin bagi TGB bisa menjadi salah satu pejabat nanti pada kepemimpinan Jokowi pada masa bakti kedua. Entah menjadi menteri, entah menjadi apalah,” kata dia.

Menurut dia, dukungan TGB kepada Jokowi belum tentu otomatis mendongkrak elektabilitas Jokowi saat Pilpres 2019.

“Enggak juga. Enggak. TGB bagi saya NTB aja,” kata dia.

Sumber: Serambi Indonesia

TerPopuler