Meskipun Sudah Hits, Ternyata Sejumlah Destinasi Wisata di Sumenep Tak Punya TDUP -->

Meskipun Sudah Hits, Ternyata Sejumlah Destinasi Wisata di Sumenep Tak Punya TDUP

Selasa, 06 Maret 2018, 7:13 PM
loading...
Pantai Gili Labak, salah satu destinasi wisata popular di Sumenep, Madura. [Foto/Istimewa]

E-KABARI.COM, SUMENEP - Tahun 2018 bagi Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menjadi tahun kunjungan wisata. Hal itu merupakan program dari pemerintah daerah setempat yang tertuang dalam Visit Years Sumenep 2018.

Ada banyak tempat wisata yang diunggulkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menarik minat para pelancong. Mulai dari Wisata Kesehatan Pulau Giliiyang, Pantai Sembilan, dan Pulau Gili Labak.

Namun, ternyata sejumlah tempat wisata yang sudah hits di Kabupaten Sumenep belum memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Kabid Pariwisata Disparbudpora Sumenep, Ahmad Khalili.

Ahmad Khalili mengakui, bahwa TDUP di Kabupaten Sumenep dari dulu memang diketahui terkesan disepelekan.

Padahal, kata dia, bentuknya sangat penting demi menunjang destinasi wisata agar pengelolaannya lebih baik.

“Sementara wisata yang tidak ada TDUP-nya sekitar 80 persen. Jadi, sekarang itu kita dorong semua pengelola wisata untuk segera diselesaikan dari izin serta TDUP-nya, agar pengelolaan lebih tertata dengan baik,” bebernya, Selasa (6/03/18).

Menurut Khalili, program ‘Visit Sumenep 2018’ kesiapannya bisa dilihat dari fisik dan non fisiknya. Secara fisik wisata di Sumenep memang belum sempurna seperti yang lain. Salah satunya soal TDUP tersebut.

Namun, kalau mengacu pada Rencana Induk Pengembangan Daerah (RIPDA), wisata Sumenep ini berbasis masyarakat. Sehingga, banyak hal tergantung bagaimana keaktifan masyarakat.

“Dari itu kita bisa lihat sendiri, beberapa destinasi wisata di Sumenep ini lamban, tidak meningkat. Serta, parahnya lagi sampai menurun, sehingga cenderung dilupakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter/Editor: Arif A.

TerPopuler