Khofifah Sebut Tradisi Petik Laut di Sumenep Bakal Jadi Referensi Wisata Jatim -->

Khofifah Sebut Tradisi Petik Laut di Sumenep Bakal Jadi Referensi Wisata Jatim

Selasa, 06 Maret 2018, 10:23 AM
loading...
Khofifah ngevlog di acara Petik Laut Desa Kaduara Timur, Pragaan, Sumenep, Madura. [Foto Ist via detik.com]

E-KABARI.COM, SUMENEP – Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertandang ke Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Madura, Senin (5/03/18) kemarin.

Dia memenuhi undangan nelayan dalam acara petik laut dan videoblog menayangkan tradisi nelayan tersebut.

Cagub Jatim nomor urut 1 itu bersama masyarakat melarung ke tengah laut mengelilingi laut Madura Selatan. Tampak dalam ritual tersebut sejumlah kapal yang dihias. Dalam prosesi itu, Khofifah mengambil video untuk blog.

Melansir detik.com, di dermaga desa setempat, masyarakat menyemut. Mereka mengangkat jari telunjuk tanda dukungan ke Khofifah.

“Ini perahunya dicat sendiri, dihias sendiri. Bayangan saya untuk agenda larung, petik laut rasanya perahu-perahu ini akan menjadi referensi pariwisata Jawa Timur yang luar biasa,” kata Khofifah.

Rupanya, mantan Menteri Sosial RI itu mendapat inspirasi dari pengalamannya mengikuti upacara petik laut. Dia melihat ada potensi yang bisa dikembangkan dari perahu nelayan untuk pengembangan pariwisata.

“Kita bisa bayangkan kalau misalnya satu perahu ditawarkan untuk rombongan. Karena dengan pulau terdekat sangat memungkinkan untuk destinasi kuliner dan destinasi wisata. Bagaimana kita memaksimalkan potensi laut, potensi nelayan dan perahu nelayan menjadi destinasi wisata yang sangat menakjubkan,” ungkap Khofifah.

Khofifah ingin menciptakan wisata dengan melestarikan kebudayan dan lingkungan hidup di 51 titik potensi pariwisata Jawa Timur. Komitmen tersebut tertuang visi misinya.

Terkait wisata, Khofifah dan pasangannya bakal memaksimalkan potensi wisata dengan menjaga harmoni sosial dan alam.

Sumber: detik.com | Editor: Raka

TerPopuler