Inovasi BPPKAD Sumenep Sukses Naikkan Pendapatan PBB-P2 Tiap Tahun -->

Inovasi BPPKAD Sumenep Sukses Naikkan Pendapatan PBB-P2 Tiap Tahun

Jumat, 14 Juli 2023, 4:12 PM
loading...
Inovasi BPPKAD Sumenep Sukses Naikkan Pendapatan PBB-P2 Tiap Tahun
BPPKAD Sumenep terus melakukan sosialisasi dan inovasi untuk optimalisasi pengelolaan PBB-P2. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sumenep terus melakukan inovasi untuk optimalisasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).


Beragam inovasi yang dilakukan BPPKAD Sumenep itu pun tak sia, sebab terbukti sukses meningkatkan hasil capaian PBB-P2 setiap tahun melebihi target.


Salah satu inovasi BPPKAD yaitu melalui sosialisasi yang terus digelar di kecamatan-kecamatan dengan melibatkan para aparatur kecamatan dan kepala desa, termasuk perangkat desa.


Tujuan sosialisasi itu tak lain untuk membangun sinergi demi optimalisasi serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perpajakan, khususnya PBB-P2.


Kepala BPPKAD Sumenep Rudi Yuyianto melalui Plt Kepala Bidang Pengelolaan Pendapatan Fardiansyah menyampaikan, PBB-P2 memang salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh masyarakat.


Apalagi PBB-P2 secara tidak langsung akan kembali kepada masyarakat. Salah satunya berwujud pembangunan-pembangunan.


"Alhamdulillah, pembayaran PBB-P2 tahun 2023 untuk periode satu semester ini sudah berjalan sesuai harapan," kata Fardiansyah, Jumat, 14 Juli 2023 sore.


BPPKAD Sumenep secara konsisten mengajak masyarakat melalui sosialisasi dan inovasinya untuk melunasi tunggakan dan konsisten membayar setiap tahun.


Salah satu inovasi yang paling ditekankan dalam setiap sosialisasi adalah Pemerintah Kabupaten Sumenep memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.


"Masyarakat diberikan pilihan untuk melakukan pembayaran secara langsung  kepada aparatur desa atau Pembayaran Secara Non Tunai," ujar Fardiansyah.


Untuk pembayaran secara non tunai bisa dilakukan melalui Bank Jatim, Bank Mandiri, mobile banking, virtual account (VA), PT Pos, Ovo, Tokopedia, Alfamart, Indomart dan Agen Laku Pandai di BUMDes.


Laku Pandai merupakan inovasi baru kanal digital pembayaran PBB-P2 dengan maksud memberdayakan BUMDes sekaligus upaya mendekatkan pelayanan kepad masyarakat dalam hal pembayaran PBB-P2.


"Kami terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat agar bisa langsung melakukan pembayaran pajak sesuai selera," jelas Fardiansyah.


Selain sosialisasi, BPPKAD Sumenep juga memasang pamflet di daerah strategis di desa-desa untuk mengingatkan masyarakat agar berantusias membayar PBB-P2.


Inovasi-inovasi itu pun terbilang suskes. Dari target PBB-P2 tahun 2023 sebesar Rp 5.250.000.000, hingga saat ini sudah tercapai di atas 60 persen.


"Di tahun 2022, dengan target yang sama sampai akhir tahun berhasil mengumpulkan Rp 6.996.195.330 atau 133.26 persen. Sementara di tahun 2020, dicapai 111.08 persen dari target Rp 5 miliar atau terkumpul Rp 5,5 miliar," pungkas Fardiansyah. (*/Rfq)

TerPopuler