Dukung Inisiasi UNICEF, Dinkes P2KB Sumenep Gelar Aksi Bergizi Bikin Glowing -->

Dukung Inisiasi UNICEF, Dinkes P2KB Sumenep Gelar Aksi Bergizi Bikin Glowing

Minggu, 12 Maret 2023, 1:51 PM
loading...
Dukung Inisiasi UNICEF, Dinkes P2KB Sumenep Gelar Aksi Bergizi Bikin Glowing
Kegiatan Aksi Bergizi Bikin Glowing yang digelar Dinkes P2KB Sumenep bekerja sama dengan Duta Kesehatan Remaja Sumenep, Ahad (12/3/2023). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep gelar Aksi Bergizi Bikin Glowing, Ahad, 12 Maret 2023 pagi.


Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Duta Kesehatan Remaja Sumenep itu berlangsung di halaman Kantor Dinkes P2KB Jl. Lingkar Barat, Babbalan, Batuan.


Kepala Dinkes P2KB Sumenep Agus Mulyono melalui Sekdis Slamet Boedihardjo mengungkapkan, kegiatan Aksi Bergizi Bikin Glowing merupakan sebentuk dukungan pihaknya terhadap insisiasi UNICEF untuk mengurangi jumlah penderita anemia.


Menurut Slamet Boedihardjo, anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.


Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun sebesar 26,8% dan pada usia 15-24 tahun sebesar 32%. Hal itu berarti sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia menderita anemia.


"Berangkat dari kondisi tersebut, UNICEF menginisiasi kegiatan #AksiBergizi dan mulai melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2018 di Kabupaten Klaten dan Lombok Barat melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi," kata Slamet.


Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama. Pertama, Sarapan dan Minum Tablet Tambah Darah bersama di sekolah/madrasah setiap minggu.


Kedua, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik.  Ketiga, komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.


"Implementasi program Aksi Bergizi ini tentunya diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat," jelas Slamet Boedihardjo.


Selain itu, kegiatan Aksi Bergizi juga disebar luaskan melalui berbagai media sosial dengan tagar/hashtag #Cegah Stunting Itu Penting dan #Aksi Bergizi Bikin Glowing.


Kampanye tersebut diharapkan dapat memotivasi remaja untuk mengkonsumsi TTD setiap minggu serta mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani, seperti telur, ayam, daging, dan ikan.


"Ayo dukung Aksi Bergizi karena Cegah Stunting Itu Penting dan Aksi Bergizi Bikin Glowing," ajak Slamet Boedihardjo.


Kegiatan Aksi Bergizi Bikin Glowing dikemas semacam talkshow disertai game.


Dinkes P2KB Sumenep menghadirkan Dr. Eko Mulyadi, S.Kep,Ns. M.Kep dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Wiraraja sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.


"Tadi saya diminta untuk mengisi Aksi Bergizi dengan materi tentang Kenakalan Remaja. Jadi kenakalan remaja memang menjadi masalah yang tren sekarang karena seperti diketahui bahwa ada remaja yang mem-bully sampai masuk ke ranah kekerasan/hukum," ujar Eko Mulyadi. (*/Rfq)

TerPopuler