Seleksi MTQ Sumenep Menuju MTQ Jatim 2023 Tuntas -->

Seleksi MTQ Sumenep Menuju MTQ Jatim 2023 Tuntas

Jumat, 02 Desember 2022, 6:00 PM
loading...
Seleksi MTQ Sumenep Menuju MTQ Jatim 2023 Tuntas
Pelaksanaan Seleksi MTQ Kabupaten Sumenep Zona V di Aula Aswaja Kantor MWC NU Gapura, Jumat (2/12/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Sumenep tahun 2022 menuju MTQ tingkat Jawa Timur tahun 2023 tuntas.


Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melaksanakan seleksi itu guna persiapkan kafilah MTQ mewakili Kota Keris pada kompetisi yang bakal digelar di Kabupaten Pasuran bulan Agustus 2023 mendatang.


Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Kamiluddin menyampaikan, pelaksanaan seleksi MTQ tingkat kabupaten sudah selesai.


Seleksi MTQ itu berlangsung selama 5 hari sejak Senin, 28 November 2022 hingga hari ini, Jumat, 2 Desember 2022.


"Terakhir hari ini bertempat di Aula Aswaja Kantor MWC NU Gapura," kata Kamiluddin, Jumat, 2 Desember 2022.


Kamil menjelaskan, seleksi MTQ Zona V itu tidak hanya mengcover Kecamatan Batuputih, Gapura, Batang-Batang, dan Dungkek. Namun, diikuti peserta perwakilan dari kepulauan.


Pelibatan wilayah kepulauan tersebut, kata dia, merupakan bukti bahwa Pemkab Sumenep telah memberikan hak yang sama kepada seluruh generasi di Sumenep untuk turut berkompetisi di ajang MTQ Jatim.


"Tidak ada perbedaan antara daratan dan kepulauan, semuanya kami seleksi untuk mengikuti MTQ tingkat Jatim," tegas Kamil.


Seleksi MTQ Kabupaten Sumenep tahun 2022 diikuti 341 orang dari 22 cabang. Proses seleksi ratusan peserta itu dibagi ke dalam lima zonasi selama 5 hari.


Selenjutnya, peserta yang dinyatakan lolos seleksi MTQ tingkat kabupaten akan diberikan pelatihan sesuai dengan cabang MTQ yang diikuti masing-masing peserta.


"Dari semua peserta yang diseleksi kemudian akan ditetapkan beberapa orang untuk dilakukan pembinaan sampai pelaksanaan MTQ Jatim nanti," pungkas Kamil. (*/Rfq)

TerPopuler