Hari Kesaktian Pancasila Cambuk Semangat Kerja -->

Hari Kesaktian Pancasila Cambuk Semangat Kerja

Sabtu, 01 Oktober 2022, 10:27 AM
loading...
Hari Kesaktian Pancasila Cambuk Semangat Kerja
Wakapolres Sumenep Kompol Soekris Trihartono, S.Sos mempimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep, Sabtu (1/10/2022). (Foto Dok. Humas Polres Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, tahun ini jatuh pada hari Sabtu.


Berbagai instansi Pemerintahan mem peringati Hari Kesaktian Pancasila dengan upacara. Salah satunya Polres Sumenep.


Wakapolres Sumenep Kompol Soekris Trihartono mempimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 di Lapangan Apel Sanika Satyawada Polres Sumenep Jl Urip Sumoharjo No 35 Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep.


Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di Polres Sumenep diikuti oleh para Pejabat Utama Polres Sumenep, para Kapolsek Jajaran Polres Sumenep, anggota dan ASN Polres Sumenep.

Wakapolres Sumenep Kompol Soekris Trihartono menyampaikan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 dengan mengambil tema 'Bangkit Bergerak Bersama Pancasila'.


Wakapolres mengajak semua peserta upacara untuk merenung sejenak tentang apa yang terjadi di masa lalu dan menjadikan semua kejadian itu sebagai cambuk pemicu semangat dalam bekerja.


"Sebagai generasi penerus, pengorbanan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan harus diisi dengan pelayanan prima dan profesional untuk masyarakat, dan senantiasa menjadi Insan Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan), sehingga mampu menjaga marwah Polri dari perilaku menyimpang maupun pengaruh ekstrem kanan maupun ekstrem kiri," ujar Kompol Soekris Trihartono.


Kemudian Wakapolres Sumenep menjelaskan mengenai paham radikalisme. Yakni paham yang selalu merasa paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain, padahal sifat dan sikap tersebut sangat bertentangan dengan Pancasila.


"Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan kita cara hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi," jelas Kompol Soekris Trihartono.


Selain itu, lanjut Wakapolres Sumenep, Pancasila menjadi dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia bangkit. Sebab, Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus pondasi NKRI.


"Sebagai Falsafah Negara dan menjadi acuan dalam mewujudkan Indonesia yang maju. Pancasila juga mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara yang utuh. Juga memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masyarakat," pungkas Kompol Soekris. (Rsd/Rfq)

TerPopuler