Rumah Zakat Gandeng Puskesmas Bulangan Haji Pamekasan Gelar Posyandu Ramah Lansia -->

Rumah Zakat Gandeng Puskesmas Bulangan Haji Pamekasan Gelar Posyandu Ramah Lansia

Jumat, 22 Juli 2022, 11:14 AM
loading...
Rumah Zakat Gandeng Puskesmas Bulangan Haji Pamekasan Gelar Posyandu Ramah Lansia
Kegiatan Posyandu Lansia "Gersala" di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Kamis (21/7/2022). (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Rumah Zakat menggandeng UPT Puskesmas Bulangan Haji, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan gelar Posyandu Ramah Lansia dengan tema "Gersala", Kamis, 21 Juli 2022.


Gerakan Sayang Lansia atau Gersala itu merupakan kegiatan Posyandu Lansia yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali.


Namun, Gersala di bulan Juli kali ini berbeda dari bulan-bulan sebelumnya yang biasa diisi dengan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan para lansia.


Ada kegiatan tambahan berupa senam, pijet refleksi, pijet akupresur, pembuatan jamu dari buah mengkudu dan minum jamu bersama.


"Sebenarnya kegiatan ini lebih ke inovasi dan pengembangan, murni untuk mendekatkan pelayanan kesehatan sampai kepada para lansia," kata Herlin Herawati Kepala UPT Puskesmas Bulangan Haji, Pegantenan.


Herlin berharap kegiatan Gersala bisa dilaksanakan bukan hanya di satu titik saja, supaya bisa dan diikuti lansia di kampung-kampung dan desa binaan lainnya.


"Dengan begitu, setiap bulannya kegiatan ini akan akan terakomodir," ujar Herlin.


Sementara Koordinator Jatim Rumah Zakat Musleh mengatakan, Posyandu Lansia itu merupakan program rutin bulanan.


Bedanya, kegiatan bulan ini merupakan inovasi dengan tambahan berupa minum jamu, pembuatan jamu, senam lansia yang bisa dilakukan di rumah masing-masing.


"Ini merupakan program unggulan Rumah Zakat yakni ramah lansia," kata Musleh.


Program Ramah Lansia bertujuan menjadikan lansia berdaya. Yakni memastikan mereka tetap menjadi bagian dari manusia umumnya.


"Kita akan senantiasa mendampingi para lansia tersebut sampai mereka itu betul-betul mandiri dan bisa terus produktif," ujar Musleh.


Saat ini, program Posyandu Ramah Lansia di Pamekasan diikuti oleh dua Desa yakni Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan dan Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan.


Untuk Gersala kali ini dihadiri oleh Camat Pegantenan, Danramil Pegantenan, Danramil Pegantenan, Babinsa Plakpak, Wakapolsek Pegantenan, Bhabinkamtibmas Plakpak, Kepala Desa Plakpak, Kapus Bulangan Haji dan puluhan lansia sekitar. (Ir/Rfq)

TerPopuler