Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Gerakkan Pemuda Desa Bentuk Ekowisata -->

Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Gerakkan Pemuda Desa Bentuk Ekowisata

Rabu, 13 Juli 2022, 7:33 PM
loading...
Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Gerakkan Pemuda Desa Bentuk Ekowisata
Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Akis Jasuli. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menyarankan Pemerintah Daerah melalui Disbudporapar agar menggandeng pemuda desa bentuk ekowisata.


Dewan menyarankan hal tersebut guna mendapatkan hasil maksimal dalam upaya Pemkab Sumenep melalui Disbudporapar mengembangkan ekowisata.


"Untuk mendapatkan hasil terbaik, Pemkab Sumenep melalui Disbudporapar bisa menggerakkan pemuda dan kepala desa agar memanfaatkan potensi desa mereka menjadi ekowisata," kata anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Akis Jasuli, Rabu, 13 Juli 2022.


Politisi partai NasDem itu menyebut upaya menggerakkan pemuda desa oleh Disbudporapar Sumenep melalui Pemerintah Desa sangat efektif untuk memanfaatkan potensi desa menjadi ekowisata.


"Minimalnya Disbudporapar melakukan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat terutama pemuda desa," saran Akis.


Untuk mengembangkan ekowisata, bisa mencontoh desa-desa di Sumenep yang telah sukses mengembangkan wisata desa seperti Gili Labak, Desa Keris Aeng Tong-Tong dan wisata desa Mangrove Kedatim.


Apalagi, wisata Desa Mangrove Kedatim di Desa Kabundadap Timur, Kecamatan Saronggi baru-baru ini berhasil meraih Peringkat 3 Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara bulan Juni lalu.


Prestasi itu juga mengantarkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi menerima penghargaan atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung program pengembangan desa wisata 2022 di Sumenep.


"Itu bisa menjadi motivasi bagi Pemdes dan pemuda desa untuk memanfaatkan potensi desanya menjadi ekowisata," pungkas Akis.


Saran politisi asal Pulau Talango itu juga sejalan dengan komitmen Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Dia berjanji akan menjadikan penghargaan itu sebagai motivasi bagi dirinya dan jajaran pemerintah daerah agar tidak berhenti untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata desa.


"Penghargaan ini untuk masyarakat Kabupaten Sumenep, semoga bisa memicu semangat bagi para pelaku pariwisata di desa, supaya terus berkreasi dan berinovasi demi membangun daerah," kata Bupati seusai menerima penghargaan, di Jakarta.


Bupati Achmad Fauzi juga mengajak setiap desa mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Sebab, sektor pariwisata akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Kami (Pemkab Sumenep) terus mendukung desa lainnya bisa mengangkat potensinya sesuai karakteristik alam, budaya, dan masyarakat," tegas Bupati.


Karena itu, dia berharap kepala desa dan masyarakat agar bersama-sama melakukan kreasi dan inovasi untuk membangun desa melalui wisata desa, karena pemerintah daerah jelas mendukung supaya setiap desa mengangkat potensinya.


"Program desa wisata perlu dukungan penuh dari masyarakat untuk bersama-sama terlibat mengembangkan potensinya, sehingga berdampak pada perputaran ekonomi di desa tersebut," pungkas Bupati. (*/Rfq)

TerPopuler