Komisi III DPRD Sumenep Dorong Pemkab Wujudkan Pelabuhan Besar di Kangayan -->

Komisi III DPRD Sumenep Dorong Pemkab Wujudkan Pelabuhan Besar di Kangayan

Minggu, 12 Juni 2022, 3:58 PM
loading...
Komisi III DPRD Sumenep Dorong Pemkab Wujudkan Pelabuhan Besar di Kangayan
Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Dul Siam, S.Ag, M.Pd. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ketua Komisi III DPRD Sumenep Dul Siam mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mewujudkan pelabuhan besar di Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean.


Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu ingin komitmen Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk membangun pelabuhan besar di Kangayan guna menjawab aspirasi dari masyarakat bukan sekadar janji belaka.


Sebab, keberadaan pelabuhan besar di Kangayan sangat penting bagi masyarakat, terutama jika Pemerintah Daerah serius berupaya memperkuat ekonomi.


"Makanya kebutuhan pelabuhan besar di Kangayan itu sudah kami suarakan beberapa tahun terakhir," kata Dul Siam merespon janji Bupati Achmad Fauzi, Ahad, 12 Juni 2022.


Apalagi, lanjut politisi asal Dapil VI itu, Kangayan sebagai kecamatan hasil pemekaran dari Arjasa merupakan satu-satunya kecamatan kepulauan yang saat ini belum memiliki pelabuhan besar.


Dul Siam sangat mendukung keinginan Pemkab Sumenep untuk mewujudkan pelabuhan Kangayan, meskipun harus membidik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur.


"Kemarin Kecamatan Kangayan sudah masuk rencana induk pelabuhan nasional. Mudah-mudahan pembangunan pelabuhan Kangayan bisa terealisasi," harapnya.


"Jika benar pembangunan pelabuhan besar di Kangayan tahun ini sudah masuk dalam perencanaan, kemungkinan pembangunannya di tahun 2023," imbuh Dul Siam.


Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi berjanji akan membidik APBD Provinsi Jatim untuk membangun pelabuhan besar di Kangayan usai silaturahmi dengan masyarakat di pendopo Kecamatan Kangayan, Jumat, 3 Juni 2022 malam.


Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu berjanji akan menindaklanjuti kembali pengajuan program pembangunan pelabuhan di Desa Kayuaru, Kecamatan Kangayan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.


"Untuk membangun pelabuhan besar pemerintah daerah tidak punya kekuatan, namun untuk menjawab kebutuhan masyarakat di Pulau Kangean sudah diusulkan melalui APBD Provinsi," tegas Bupati Achmad Fauzi. (*/Rfq)

TerPopuler