Empat Pesan Wabup Nyai Eva pada Jemaah Calon Haji Sumenep -->

Empat Pesan Wabup Nyai Eva pada Jemaah Calon Haji Sumenep

Sabtu, 18 Juni 2022, 10:41 AM
loading...
Empat Pesan Wabup Nyai Eva pada Jemaah Calon Haji Sumenep
Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah bersama Forkopimda, Bagian Kesra dan Kemenag saat melepas Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten Sumenep, Sabtu (18/6/2022) dini hari di GOR A. Yani Sumenep. (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah menyampaikan empat pesan pada Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sumenep yang berangkat Sabtu, 18 Juni 2022 dini hari.


Pemberangkatan 316 Jemaah Calon Haji Sumenep menuju Embarkasi Haji Surabaya itu berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) A. Yani sekira pukul 01.00 WIB.


Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dan Madinah kepada seluruh Jemaah Calon Haji Kabupaten Sumenep.


Dia berharap para Jemaah Calon Haji Sumenep diberi kekuatan dan kesehatan lahir batin untuk melaksanakan ibadah haji.


"Semoga diberi kekuatan lahir dan batin, diberikan kesehatan, ibadah hajinya lancar dan bisa meraih predikat haji mabrur, serta selamat kembali berkumpul dengan keluarga yang ada di Kabupaten Sumenep," kata Wabup Nyai Hj. Dewi Khalifah, Sabtu, 18 Juni 2022.


Wakil Bupati Sumenep yang akrab disapa Nyai Eva itu menjelaskan, ritual ibadah haji menunjukkan simbol komitmen bersama terhadap nilai-nilai kemanusiaan, mengajarkan kepekaan sosial, empati terhadap yang lain dan pengakuan terhadap hak-hak sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat.


"Oleh sebab itu, saya pesankan beberapa hal kepada para jemaah calon haji Kabupaten Sumenep," ujar Wabup Nyai Eva.


Pertama, Wabup berpesan agar JCH Sumenep menjaga kekompakan, kebersamaan dan rasa kekeluargaan sesama Jemaah Calon Haji dari Kota Keris.


"Jika ada yang butuh bantuan, jangan segan-segan dibantu untuk kebaikan bersama," tegas Nyai Eva.


Kedua, Wabup yang juga Pengasuh Ponpes Aqidah Usymuni Terate itu menyampaikan, pelaksanaan haji bersifat kolektif. Jika ada satu masalah, pasti akan berdampak pada Jemaah Calon Haji yang lain.


"Karena itu, saya pesankan agar JCH Sumenep mentaati aturan yang ada. Jangan mengambil keputusan sendiri-sendiri, sehingga pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar," pesan Wabup.


Ketiga, Ketua Muslimat NU Sumenep itu mengingatkan bahwa tradisi dan budaya di Arab Saudi tidak sama dengan di tanah air. Karena itu, dia berpesan agar JCH Sumenep jangan sembarangan melakukan sesuatu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


"Jangan sembarangan melakukan sesuatu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu," tegas Wabup Nyai Eva.


Keempat, Wabup berpesan agar JCH Sumenep selalu menjaga kesehatan. Sebab, saat ini suhu di Arab Saudi mencapai kurang lebih 46-50 derajat celcius.


Perubahan cuaca ekstrem tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi fisik Jemaah Calon Haji dari Sumenep, karena sangat berbeda cuacanya dengan di tanah air.


"Pesan saya kepada seluruh jemaah, sering-seringlah i'tikaf di masjid, minum air zamzam, perbanyak makan buah. Jika tidak terlalu penting, jangan keluar karena kondisi Arab Saudi lumayan panas," tandasnya. (Rfq)

TerPopuler