Sambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Ini yang Dilakukan Pemkab Sumenep -->

Sambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Ini yang Dilakukan Pemkab Sumenep

Senin, 09 Agustus 2021, 9:52 PM
loading...
Peringatan Tahun Baru Hijriah
Kegiatan sambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah oleh Pemkab Sumenep di Gedung Islamic Center Bindara Saod Batuan, Senin (09/8/2021). (Foto RK/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar kegiatan Khatmil Qur'an, Istighasah dan Doa Bersama, Senin (09/8/2021).


Kegiatan sambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah yang mengusung tema “Dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H, Kita Perkuat Ukhuwah Islamiyah di Masa Pandemi” dimulai dari pagi hingga malam.


Kegiatan digelar secara terbatas di Islamic Center Bindara Saod Batuan, mengingat Kabupaten Sumenep berstatus PPKM Level 4. Para ASN dan masyarakat diimbau mengikuti kegiatan secara daring via aplikasi Zoom.


Khatmil Quran jadi pembuka kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore. Kemudian dari sore hingga malam digelar istighasah dan doa bersama akhir tahun dan awal tahun.


Terakhir, kegiatan dilanjutkan dengan santunan anak yatim dan enonton live perayaan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah yang digelar Pemprov Jawa Timur.


Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdakab Sumenep, Kamiluddin mengungkapkan, Pemkab Sumenep menggandeng Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Sumenep, Muslimat NU dan Yayasan Islamic Center Bindara Saod Batuan.


Kegiatan sambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriah ini, kata Kamil sebagai media untuk mengenang kembali peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dari Mekah ke Madinah sebagai awal mula terhitungnya kalender Islam.


Di samping itu juga sebagai sarana silaturahim antara ulama, umaro dan tokoh masyarakat supaya bisa terbangun sinergitas dan hubungan yang harmonis dalam menata Kabupaten Sumenep yang lebih baik.


“Semoga dengan momentum ini silaturahim kepada para ulama, umaro dan tokoh masyarakat tetap terjaga," harap Kamil.


Sementara Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah menyampaikan, Tahun baru Islam merupakan salah satu momentum yang sangat berarti bagi umat Muslim.


Setidaknya, makna penting dari tahun baru Islam menurut Wabup yang juga Ketua Muslimat NU Sumenep itu harus menjadi pengigat akan pentingnya menata diri agar terus melakukan kebaikan.


"Sebagai refleksi mari kita jadikan peralihan tahun baru ini sebagai momen untuk mengingat kembali catatan yang mewarnai perjalanan hidup masa lalu dengan melakukan renungan atas apa saja yang telah kita perbuat," ajak Wabup Nyai Eva.


Setelah itu, dia mengajak masyarakat Sumenep bersama-sama menggunakan kesempatan ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup di dunia dan akhirat kelak dengan bercermin kepada nilai-nilai dan semangat hijrah dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.


"Seseorang dinyatakan mulia bukan karena apa yang dimilikinya, tetapi karena pengorbanannya untuk memberikan manfaat bagi orang lain," terang Nyai Eva.


Dia berharap momentum tahun baru Islam 1443 hijriah ini menjadi awal untuk memperbaiki diri. Bukan sekadar ritual keagamaan rutin tahunan semata.


“Semoga momentum 1 Muharram 1443 H ini membawa kita kepada keberkahan dan kebaikan serta segera dibebaskan dari pandemi Covid-19,” tandas Wabup. (RK/Fiq)

TerPopuler