FMDI Ajak Pemuda Desa Kuliah, Sisir Lembaga SLTA di Timur Daya -->

FMDI Ajak Pemuda Desa Kuliah, Sisir Lembaga SLTA di Timur Daya

Jumat, 06 Agustus 2021, 2:31 PM
loading...
Forum Mahasiswa Desa Indonesia
Foto bersama FMDI dan siswa-siswi MA Nasy'atul Muta'allimin Candi, Dungkek, Sumenep usai sosialisasi, Kamis (05/8/2021). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Forum Mahasiswa Desa Indonesia (FMDI) kembali melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Sosialisasi Kampus (Informasi Beasiswa & Motivasi Kuliah).


Tahun ini, sosialisasi tersebut mulai dilaksanakan di MA Lughatul Islamiyah Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang pada Sabtu (31/7/2021) lalu.


Ketua Umum FMDI, Nur Mahmudi mengatakan, kegiatan tersebut akan diselenggarakan dua kali dalam setahun dan akan menyisir lembaga SLTA di Sumenep.


"Ada tiga poin utama yang kami sampaikan dalam sosialisasi kampus ini, yaitu eksplor kampus, motivasi kuliah, dan info beasiswa," ujar Mahmudi, Kamis (05/8/2021).


Pemuda asal Nyabakan Timur yang sedang menempuh pendidikan tinggi di UIN Jakarta itu menjelaskan, sosialisasi kampus dilatarbelakangi kurangnya minat pemuda desa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya bangku kuliah.


Hal tersebut, kata Mahmudi dipengaruhi oleh pola pikir dan kebiasaan masyarakat pedesaan yang menganggap kuliah tidak menjamin segalanya.


Selain itu, sebagian masyarakat menganggap lebih baik langsung kerja, sebab upah di depan mata, daripada kuliah yang menghabiskan banyak biaya.


Bahkan, pernikahan dini yang tak bisa dibendung juga menjadi salah satu sebab lambannya perkembangan pendidikan di desa dan pemudanya tak mau kuliah.


"Dengan tiga poin utama tadi, kami ingin menumbuhkan kesadaran dan semangat pemuda desa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kami juga ingin mencoba menjawab keresahan dan persoalan mereka, terutama di sisi biaya yang seakan menjadi momok menakutkan bagi masyarakat," jelas Mahmudi.


Dalam sosialisasi, tiga poin yang sudah dikonsep disampaikan secara bergatian oleh anggota FMDI yang telah ditugaskan.


Dengan cara itu, Mahmudi berharap selain menyampaikan informasi dan referensi tentang perkuliahan pada siswa, para anggota FMDI juga bisa belajar bisa tampil di depan dan menata mental menjadi lebih baik.


"Pada Kamis (05/8/2021) kemarin, kami kembali melakukan sosialisasi kampus untuk yang kedua kalinya di tiga lembaga sekaligus. Di Nasya'atul Muta'allimin, Miftahul Ulum dan Tarbiyatus Shibyan," ungkapnya.


Mahmudi mengatakan, anggota FMDI semakin semangat untuk melaksanakan program kerja satu ini. Sebab, mereka mendapat respon baik dari para guru dan siswa di lembaga tempat sosialisasi.


"Alhamdulillah sosialisasi yang pertama dan yang kedua berjalan dengan lancar, serta guru-guru di sekolah yang kami datangi merespon sangat baik untuk kegiatan ini," cerita Ketua Umum FMDI itu.


Menurut para guru, beberapa tahun terakhir masih banyak siswa yang tidak melanjutkan pendidikan karena nikah dan kerja. Sehingga, nantinya FMDI diharapkan menjadi jembatan agar siswa termotivasi untuk kuliah.


"Alhamdulillah para siswa juga sangat antusias menyimak dan mendengarkan semua yang disampaikan oleh pembicara dari FMDI," lanjut Mahmudi.


Ke depan, pihaknya berharap FMDI tetap istikamah dalam mengabdi dan berkontribusi pada masyarakat. Salah satunya lewat sosialisasi kampus ini.


"Ada empat lembaga dari 2 kecamatan Batang-Batang dan Dungkek yang telah selesai menjadi tempat sosialisasi. Semoga juga bisa dilanjutkan ke lembaga-lembaga dan kecamatan lainnya di Sumenep," pungkas Mahmudi. (Helmy/Fiq)

TerPopuler