Pantai Keris Terus Bersolek Indah di Tangan Kreatif Pemuda Desa Gersik Putih -->

Pantai Keris Terus Bersolek Indah di Tangan Kreatif Pemuda Desa Gersik Putih

Sabtu, 14 November 2020, 8:52 AM
loading...
Pantai Keris Sumenep
Yakin gak mau ke Pantai Keris? (Foto FB Pantai Keris Reposted from @ayuwulan_)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Tidak lama setelah viral di media dan mulai mengundang perhatian wisatawan, Pantai Keris yang berlokasi di Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Sumenep terus bersolek indah.


Memang secara alami yang menjadi daya tarik dari wisata alam itu karena landskap pantainya mirip keris. Ditambah panorama di sekeliling pantainya cukup memukau mata.


Namun, potensi alami itu terus dipermak sedemikian rupa dengan fasilitas lewat tangan kreatif pemuda desa setempat.


Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Gersik Putih, Thawil Asnawi menyebut Pantai Keris sangat berpotensi untuk berkembang sebagai destinasi wisata di Sumenep.


"Selain keindahannya, pantai yang terletak di barat Pulau Poteran ini juga diklaim sejalan dengan simbol filosofi Kabupaten Sumenep, yaitu Keris," kata Thawil, beberapa waktu lalu.


Ia menceritakan, awal mula Pantai Keris menjadi perbincangan hingga viral di media, semua itu tak lepas dari kejelian para pemuda melihat potensi di desanya.


Landskap pantai yang unik membentuk keris serta panorama sekitar yang ciamik membuat pemuda Gersik Putih terinspirasi untuk menyulap pantai itu menjadi sebuah destinasi baru di Kabupaten Sumenep.


"Wisata andalan yang sedari dulu sudah menjadi mimpi bagi masyarakat Desa Gersik Putih, khususnya kaum muda," ujar Thawil.


Di samping punya potensi untuk berkembang, Thawil juga sadar akan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang ada.


Pantai Keris Sumenep
Kabur ke Pantai Keris yuk! (Foto FB Pantai Keris Reposted from @anugerah_wibawa)


Namun demikian, antusiasme dan semangat gotong royong, bahu membahu para pemuda dalam membangun fasilitas sederhana dari bahan kayu laut yang terdampar di Pantai Keris tetap tidak bisa dinafikan.


Hal itu dilakukan dengan tujuan agar wisatawan dapat mengabadikan momen Pantai Keris dengan angle yang sempurna dengan nama Pantai Keris. Meski sebenarnya, tanpa spot apapun Pantai Keris sudah diakui sangat instagenic.


Apalagi, lanjut Thawil, pantai keris juga memiliki deretan pohon mangrove yang berjejer indah di sebelah barat pantai disisi utara. Area ini biasa dijadikan tempat untuk berburu kepiting dan sejenis hewan laut lainnya untuk dikonsumsi oleh warga sekitar.


"Apabila jejeran pohon mangrove itu juga dihias dengan fasilitas yang menunjang, maka dapat dipastikan Pantai Keris dapat lebih ciamik sebagai destinasi kaum milenial," sambung Thawil, penuh optimisme.


Untuk destinasi wisata keluarga, Pantai Keris juga sangat keren. Pasalnya, banyak sekali bintang laut, siput laut, dan aneka biota laut lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung.


Bila air surut, pengunjung bahkan bisa mencari rajungan, belicar, kerang dan lainnya. Sangat sempurna sebagai pantai.


Waktu terus berlalu. Silih berganti pun pengunjung terus berdatangan. Bahkan Pantai Keris tambah ramai, meski fasilitas yang ada masih ala kadarnya.


Saat ini gazebo masih dalam proses pembangunan dengan dana swadaya pemuda. Sedangkan spots selfie karya tangan pemuda di tengah waktu senggang dan dengan keterbatasan bahan pula sudah bisa dinikmati oleh pengunjung.


Begitu pula untuk renovasi jembatan yang kini sudah bisa dilalui pengunjung, meski sangat sederhana, tetapi safety untuk dilalui.


“Pokdarwis sejauh ini masih mengandalkan kekuatan swadaya pemuda bersama dengan masyarakat, dan berharap dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemdes Gersik Putih dan instansi terkait," harap Thawil. (Y/R/Fiq)

TerPopuler