Fenomena La Nina di Bangkalan: Puluhan Pohon Tumbang, Akses Suramadu Macet Total -->


Fenomena La Nina di Bangkalan: Puluhan Pohon Tumbang, Akses Suramadu Macet Total

Minggu, 22 November 2020, 7:12 AM
loading...
Pohon Tumbang
Puluhan pohon tumbang di akses jalan jembatan Suramadu Bangkalan yang menyebabkan kendaraan macet total, Sabtu (21/11/2020).(Foto IST/Kompas.com)


BANGKALAN, E-KABARI.COM - Puluhan pohon jenis trembesi tumbang di akses jalan menuju jembatan Suramadu, Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (21/11/2020) kemarin.


Paling banyak, pohon yang tumbang berada di arah jalan Surabaya menuju Bangkalan. Pohon yang tumbang, menutup akses jalan sehingga menyebabkan kendaraan macet total.


Kemacetan kendaraan dari arah Suramadu mencapai 2 kilometer lebih. Sedangkan dari arah Bangkalan menuju Suramadu, kemacetan kendaraan mencapai 1,5 kilometer.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Murris saat ditemui di lokasi kejadian menjelaskan, penyebab pohon tumbang itu karena angin kencang disertai hujan deras yang terjadi selama 30 menit lebih.


Angin kencang itu merupakan fenomena La Nina yang terjadi di Kabupaten Bangkalan.


"Peristiwa ini sudah kami prediksi sebelumnya. Bahkan fenomena La Nina di Bangkalan akan terjadi sampai awal tahun 2021 mendatang," kata Rizal Murris.


Rizal menambahkan, area sepanjang jalan menuju Suramadu di sisi Bangkalan, merupakan area terbuka dan mudah terjadi angin kencang.


Oleh sebab itu, pihaknya sudah mewanti-wanti kepada masyarakat yang ada di area tersebut agar hati-hati.


"BPBD dan TNI serta Polri sudah siap untuk berkolaborasi jika terjadi peristiwa bencana alam. Makanya tadi pohon-pohon yang tumbang, cepat kita tangani," tambah Rizal.


Kepala Bantuan Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan, Iptu Mashuri menuturkan, arus lalu lintas sempat macet. Namun karena kesigapan petugas BPBD dan TNI, kemacetan bisa diurai dengan membuka separuh jalan terlebih dahulu.


"Tadi sempat macet sampai 2 kilometer. Tapi kemacetan itu tidak lama karena pepohonan yang tumbang segera diatasi oleh BPBD, TNI dan Polri," ucap Mashuri.


Mashuri memastikan, tidak ada korban dalam kejadian tersebut, baik korban benda ataupun korban jiwa.


Sumber: Kompas.com

TerPopuler