Selama Pandemi Covid-19, SMAN 1 Sumenep Tak Henti Mengukir Prestasi -->


Selama Pandemi Covid-19, SMAN 1 Sumenep Tak Henti Mengukir Prestasi

Rabu, 21 Oktober 2020, 11:05 PM
loading...
SMAN 1 Sumenep
Nasywa Azmi Chandrakarti, peraih Juara 3 Lomba Menulis Essai SIRIUS 2020 diapit Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Sukarman (kiri) dan Koordinator Tim Riset dan Literasi SMA Negeri 1 Sumenep, M. Hari Nurdi. (Foto Yudik for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Meski pandemi Covid-19 belum berakhir saat memasuki tahun ajaran baru 2020-2021, SMAN 1 Sumenep tetap tak henti mengukir prestasi.


Terbukti, selama masa pandemi virus Corona ini, siswa-siswi SMAN 1 Sumenep berhasil meraih beberapa juara pada sejumlah kompetisi yang dilakukan secara daring.


Kepala SMAN 1 Sumenep, Sukarman mengungkapkan, di tahun ajaran baru ini ada beberapa prestasi yang diraih anak didiknya. Salah satunya yaitu Juara Umum FLS2N tingkat Kabupaten Sumenep.


"FLS2N tingkat kabupaten kemarin kita Juara Umum. Ada 5 bidang mapel semuany Juara 1," ungkapnya, Rabu (21/10/2020) siang.


Menurut Sukarman, pada kompetisi tersebut anak didiknya belum berhasil ke tingkat Nasional, meski harus disyukuri sudah bisa maju ke tingkat Provinsi Jawa Timur.


"Mentok di tingkat kabupaten. Mungkin masih belum saatnya. Kebetulan kan lomba kali ini secara daring semua, lewat video. Jadi berbeda dengan tahun lalu yang langsung action di panggung," tuturnya.


Meski begitu, gelar juara tingkat Nasional di tahun 2020 akhirnya dirasakan oleh SMAN 1 Sumenep pada bulan September lalu.


Pasalnya, Nasywa Azmi Chandrakarti, siswi SMA Negeri 1 Sumenep ini berhasil meraih Juara 3 Lomba Menulis Esai Sayembara Inovasi Riset Generasi Genius (SIRIUS) 2020.


"Ya alhamdulillah lah Juara 3 patut kita syukuri. Gak gampang bersaing di tingkat Nasional kan," ucap Sukarman.


Apalagi keberhasilan lomba esai meraih gelar juara di tingkat Nasional itu disusul dengan diraihnya Juara 1 Lomba Akuntansi POLINEMA di bulan Oktober ini oleh siswi Kelas XII MIPA, Zabriana Mahardika Putri.


"Alhamdulillah Juara 1. Baru 4 hari yang lalu pelaksanaan lombanya secara daring," ujar Sukarman dengan wajah berseri-seri.


Selain itu, hampir bersamaan dengan diraihnya Juara 3 Lomba Esai SIRIUS 2020 pada September lalu, SMAN 1 Sumenep berhasil meraih dua juara sekaligus pada lomba Film Pendek se-Jawa Timur.


"Film Pendek se-Jawa Timur di UTM Bangkalan kita meraih Juara 1 dan Juara 3, serta Pemeran Terbaik," papar Sukarman.


Menurutnya, sementara ini prestasi SMAN 1 Sumenep selama pandemi Covid-19 sejak tahun ajaran baru masih itu saja. Karena beberapa kompetisi masih berlangsung.


"Kalau KOPSI (Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud kayaknya kita kandas. Tapi masih ada dua lomba lagi," imbuh Sukarman.


Dua lomba tersebut, lanjut mantan Kepala SMAN 1 Kalianget itu, yakni lomba riset. Satu di antaranya dilaksanakan oleh kementerian, satunya lagi oleh sebuah lembaga.


"Yang tinggal dua ini, saya lupa namanya, salah satunya kalau juara bisa ke lanjut ke tingkat internasional," jelas Sukarman.


Ia berharap pada dua lomba yang masih proses tersebut, anak didiknya bisa berhasil meraih juara. Meskipun, Sukarman menyadari kompetisi itu tidaklah mudah.


"Dalam mengikuti kompetisi sangat komplek. Ada kompetensi siswa, dukungan pihak sekolah, dan orang tua. Juga pembiayaan. Yang pasti, kompetisi harus siap menang dan siap kalah," tegas pria humoris itu. (RK/Fiq)

TerPopuler