Pentol Gapek, Jajanan Tradisional Sumenep yang Mulai Hits -->


Pentol Gapek, Jajanan Tradisional Sumenep yang Mulai Hits

Sabtu, 24 Oktober 2020, 7:21 PM
loading...
Kuliner Sumenep
Pentol Gapek, salah satu kuliner khas Sumenep yang lagi ngehits. (Foto Rif/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Pentol Gapek, Kuliner khas wilayah Pantai Utara Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini mulai hits. Bahkan, di wilayah kota Sumenep mulai banyak yang jualan Pentol Gapek.


Kuliner khas Kecamatan Ambunten tersebut mulai ngehits sekitar tahun 2015, padahal pentol ini sudah ada sejak tahun 2000 lalu.


Disebut dengan Pentol Gapek karena bentuknya yang gepeng atau tipis.


Pentol Gapek olahannya seperti pentol biasa, namun komponen penting di dalam olahan itu adalah ikan laut. Bukan daging sapi.


Pengolahan Pentol Gapek sama dengan proses pentol pada umumnya yaitu dikukus. Setelah itu, baru dijepit menggunakan cetakan jajanan tradisional Gambir.


Setelah olahan Pentol Gapek sudah gepeng, atau seperti Gambir, maka jajanan tradisional itu sudah siap disantap dengan cara dicocol dengan sambal khusus.


Ya, sambal Pentol Gapek bukan seperti sambal biasa. Namanya sambal lecak, yang terbuat dari tepung kanji atau tapioka dan cabe, serta rempah-rempah khusus.


Hanina, salah satu penjual Pentol Gapek mengatakan, Pentol Gapek sebenarnya ada dua varian. Ada yang dari pentol tahu, ada yang juga dari pentol ikan laut biasa.


"Pentol tahu yang dijadikan pentol gapek itu juga terbuat dari tepung tapioka dan ikan laut segar," terangnya beberapa waktu lalu.


Selama Hanina jualan, banyak peminat yang datang membeli Pentol Gapek. Bahkan, ada yang juga pakai kerupuk lalu dijepit.


Adapun waktu yang pas untuk menikmati Pentol Gapek bisa dilakukan pada saat masih hangat. Ditambah dengan sambal khusus yang dibuat dengan tepung kanji dan campuran rempah khas, nikmatnya pol.


Maka tidak heran jika Pentol Gapek selalu menjadi primadona jajanan khas Sumenep.


“Dari tampilannya memang terlihat sederhana, tidak ada hiasan-hiasan toping. Namun istimewanya baru bisa kita ketahui setelah kita mencoba menikmatinya, dan ini enak banget,” ujar Romlah salah satu penikmat Pentol Gapek asal Gapura.


Menurutnya, Pentol Gapek cocok untuk jadi menu jajanan wisatawan luar saat berkunjung ke Sumenep. Sebab, kenikmatan rasa dan gurihnya Pentol Gapek memang patut diacungi jempol.


“Ini bener enak banget. Jadi tidak nyesel jauh-jauh ke Ambunten hanya sekadar memburu jajanan khasnya, dan cocok untuk temen ngemil,” pungkas Romlah. (Rif/Fiq)

TerPopuler