Ketua LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah: Pers Bebas Suarakan Aspirasi Selama.... -->


Ketua LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah: Pers Bebas Suarakan Aspirasi Selama....

Minggu, 03 Mei 2020, 11:32 PM
loading...
Ketua LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah: Pers Bebas Suarakan Aspirasi Selama....
Selamat Hari Kebebasan Pers Internasional (Foto Dok. LPM Dialektika)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Momentum Hari Kebebasan Pers Sedunia diperingati seluruh insan pers, tak terkecuali aktivis pers mahasiswa yang tergabung Lembaga Pers Mahasiswa (LPM).

Setidaknya, mereka juga exited ikut bersuara tentang kebebasan pers di Hari Kebebasan Pers Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Mei ini.

Salah satunya seperti diungkapkan oleh Pimpinan Umun LPM Dialektika STIT Al Karimiyyah Beraji, yang sebentar lagi resmi beralih status menjadi Institut Kariman Wirayudha (INKADHA) Sumenep.

"Pers bebas menyuarakan aspirasi serta harus menjadi social control, selama pijakannya adalah kebenaran, kecualikan rasa takut," kata Fathorrosi, Ahad (3/05/2020).

PU LPM Dialektika Periode 2019-2020 itu berharap, Hari Kebabasan Pers Sedunia ini bisa jadi mementum menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kebebasan pers sangat penting bagi pekerja media.

"Karena selama pers dibelenggu, maka fakta yang sebenarnya akan sulit terungkap. Dan jika demikian, maka keadilan pasti tidak akan bisa diraih," jelas Rosi.

Untuk itu, sebagai aktivis pers mahasiswa ia berharap kebebasan pers secara luas maupun dalam ruang lingkup dunia kampus harus didukung oleh semua pihak.

Sehingga, fungsi pers sebagai kontrol sosial dan pencerah bagi masyarakat bisa tercapai guna menegakkan keadilan.

"Kita tahu pers merupakan pilar keempat demokrasi. Maka jika pers masih dibelenggu, itu sama artinya demokrasi belum tercapai," pungkas Rosi. (RK/Fiq)

TerPopuler