Tak Hanya Pukau Masyarakat, Event Sumenep Spektakuler Bikin Wisatawan Berdecak Kagum -->

Tak Hanya Pukau Masyarakat, Event Sumenep Spektakuler Bikin Wisatawan Berdecak Kagum

Kamis, 28 November 2019, 5:15 AM
loading...
Tak Hanya Pukau Masyarakat, Event Sumenep Spektakuler Bikin Wisatawan Berdecak Kagum
Salah satu kesenian yang ditampilkan di event Sumenep Spektakuler, Rabu (27/11/2019) malam. (Foto MK/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Pagelaran Sumenep Spektakuler tahun ini tak hanya sukses memukau masyarakat yang datang ke lokasi. Wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan salah satu rangkaian agenda Visit Sumenep 2019 itu pun dibuat berdecak kagum.

Mereka tampak antusias dan bergembira melihat belasan kesenian lokal yang ditampilkan di sepanjang jalan dari Labang Mesem hingga Taman Potre Koneng (Taman Adipura), Rabu (27/11/2019) malam.

Bagaimana tidak, ada 16 kesenian lokal yang disajikan untuk menghibur masyarakat dan wisatawan. Mulai dari Jaran Kenca’, musik Saronen, Hadrah, Samman, Tari Gambu, Ludruk dan lain-lain.

Salah satu Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang ikut menikmati kesenian lokal tersebut adalah Mr. Ron, seorang Wisman asal Australia. Bule berambut putih itu mengaku sangat terpukau dan menikmati Jaran Kenca’ yang diiringi dengan musik Saronen.

“Acara ini sangat fantastis. Salah satu yang sangat saya sukai adalah penampilan Jaran Kenca’,” kata Mr Ron, saat diwawancara sejumlah media, Rabu (27/11/2019) malam.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Carto, mengatakan, event Sumenep Spektakuler digelar sebagai salah satu cara untuk menguatkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian lokal.

Sehingga, berbagai kesenian yang sudah ada di Kabupaten Sumenep bisa terus lestari dan tidak dilupakan oleh masyarakat, bahkan bisa dikenal dan dinikmati masyarakat luar Kota Keris.

“Selain itu, juga untuk mengenalkan kesenian dan budaya Sumenep kepada masyarakat luas,” kata Carto.

Ia mengaku senang melihat tingginya antusiasme masyarakat yang datang ke lokasi. Apalagi mereka yang datang mayoritas dari kalangan anak pemuda.

“Ini salah satu bukti mereka memiliki kepedulian budaya dan seni yang kita miliki. Kita akan upayakan menggelar event serupa dengan konsep yang lebih besar di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya sedang merancang untuk menginventarisir literasi dari beragam kesenian khas Sumenep. Hal itu untuk memberikan panduan pendidikan kebudayaan untuk generasi muda dan wisatawan yang ingin mengetahui budaya Sumenep lebih mendalam.

“Kita ingin memiliki buku tentang budaya Sumenep, kalau bisa setiap kesenian dan budaya Sumenep ada literasinya. Tujuannya untuk melestarikan, mendapatkan data untuk ditetapkan menjadi budaya milik kita, agar tidak diklaim daerah lain,” pungkas Carto. (RK/Fiq/*)

TerPopuler