Madura Musik Daul Festival Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan -->

Madura Musik Daul Festival Meriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan

Senin, 28 Oktober 2019, 1:07 PM
loading...
Madura Music Daul Carnival Kabupaten Pamekasan
Salah satu peserta Madura Musik Daul Festival 2019 dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan, Minggu (27/10/2019) malam tampak memukau masyarakat yang menonton. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Memperingati Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Pemerintah Daerah menggelar Madura Musik Daul Festival 2019, Minggu (27/10/2019) malam.

Sebanyak 25 peserta Musik Daul dari empat kabupaten di Madura memeriahkan acara dengan penampilan memukau setelah dilepas oleh  Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e di depan Hotel Front One, Jalan Jokotole, Pamekasan.

Selain Wabup Raja’e, tampak hadir dalam pelepasan Madura Musik Daul Festival itu, jajaran Forkopimda, para tamu undangan, dan ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Madura.

Pada kesempatan itu, Raja’e menyebut Madura Musik Daul Festival digelar tak hanya digelar untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi Ke-489 semata. Melainkan untuk mendorong kreativitas para pelaku seni, khususnya Musik Daul yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Kita sama-sama memahami bahwa seni budaya sebagai sebuah sektor yang telah mengambil peran penting dalam hubungan antara bangsa di dunia,” kata Raja’e dalam sambutannya.

Seni budaya, menurut dia, telah menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan manusia. Bahkan, menikmati keindahan seni budaya yang merupakan hasil cipta dan karsa manusia telah menjadi salah satu kebutuhan dasar yang tidak dapat diabaikan.

“Salah satu kekayaan seni budaya daerah yang bisa kita nikmati yaitu musik etnik Daul yang lahir tumbuh dan berkembang di Kabupaten Pamekasan dan menyebar di Madura,” ungkap Raja’e.

Saat ini, Musik Daul sendiri sudah mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat luas. Apresiasi terhadap seni budaya ini bukan hanya di tingkat lokal dan nasional, melainkan juga dari masyarakat internasional.

“Etika yang santun dan ramah sebagai karakter masyarakat Madura haruslah benar-benar ditunjukkan, sehingga musik UI Daul ini mampu memberi kesan yang baik dan mendorong kemajuan daerah khususnya kabupaten Pamekasan," pesan Raja’e.

“Melalui musik Ul Daul kita ingin mewujudkan Pamekasan hebat, Rajjah, Bajjrah, tor Parjugah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbu) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengatakan pagelaran Madura Musik Daul Festival merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam melestarikan kebudayaan daerah, khususnya Musik Daul.

“Festival ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke 489,” katanya.

Pantauan E-KABARI.COM, sebanyak 25 peserta Madura Musik Daul Festival benar-benar memberikan aksi terbaiknya malam tadi. Para peserta memberikan hiasan lampu pada kendaraan Musik Daul dalam bentuk.

Alhasil, ribuan masyarakat berjubel sepanjang jalan Jl. Jokotole yang menjadi rute Madura Musik Daul Festival 2019. Mereka memenui jalan di kawasan Asem Manis dengan pusat start di depan Hotel Front One, hingga berakhir di Mandhepa Budaya di depan rumah dinas Wakil Bupati Pamekasan, di Jl. Jokotole.

Untuk diketahui, pada peringatan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan, tercatat sebanyak 22 program berbeda yang akan digelar secara maraton hingga beberapa hari ke depan. Sebanyak 15 program digelar selama Oktober 2019, sedangkan 7 program lainnya pada bulan November 2019.

Rangkaian program selama Oktober 2019, yakni Pamekasan School Fair, Jambore Pemuda Daerah Tingkat Jatim, Festival Budaya Madura, Mekkasan Matoron Arghe, Gebyar Batik Pamekasan Hebat, East Java Climbing Sportaiment, Madura Eksotic Carnival, Seminar International, Malam Kemilau Madura, Gebyar Kolosal 489 Tari Topeng Gettak, Madura Music Daul Fertival, Pekan Budaya Madura, Pamekasan Drumband Carnival, serta Haul Ronggosukowati.

Sementara pada bulan November 2019, masing-masing Lomba PBB Pasukan 8, Kirab Budaya Madura, Run 13K se Jawa Timur, Sinergitas Trail Adventure, Upacara dan Rapat Paripurna, Pesta Rakyat Pamekasan Hebat, serta Gerak Jalan Tradisional Palapa. (Ir/Fiq)

TerPopuler