Malam 1 Suro, IKAPEMDES Longos Lakukan Tour Religi Sesepuh Desa -->

Malam 1 Suro, IKAPEMDES Longos Lakukan Tour Religi Sesepuh Desa

Minggu, 01 September 2019, 8:23 AM
loading...
Malam 1 Suro, IKAPEMDES Longos Lakukan Tour Religi Sesepuh Desa
Rombongan IKAPEMDES Longos saat istighasah di Asta/Buju' Poles (atas) dan Asta/Buju' Garincang (bawah) Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep. (Foto Dok. IKAPEMDES Longos for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Di malam 1 Suro atau 1 Muharram 1441 Hijriah, Ikatan Pemuda Desa (IKAPEMDES) Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan Tour Religi Sesepuh Desa.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (31/8/2019) malam hingga Ahad (01/9/2019) dini hari tersebut dilaksanakan dalam rangka mengenal lebih dekat silsilah dan pendiri Desa Longos.

"Kegiatan Tour Religi Sesepuh Desa ini kita lakukan dalam rangka mengenal lebih dekat silsilah (nasab) dan pendiri desa, juga lebih tahu sejarah Desa Longos," kata Achmad Fikri Syah, Ahad (01/9/2019).

Ketua IKAPEMDES Longos itu mengungkapkan, kegiatan Tour Religi Sesepuh Desa Longos dimulai sekitar pukul 21.00 WIB dari Asta atau Buju' Poles di Dusun Buabu.

Kemudian salah satu program Divisi Pendidikan dan Keagamaan itu dilanjutkan ke Asta atau Buju' lainnya hingga berakhir pada pukul 02.00 WIB dini hari di Asta/Buju' Garincang di Dusun Telenteyan.

"Tujuan Tour Religi tadi malam ada 9 Asta atau Buju'. Tapi masih banyak lagi situs buju' lain di Desa Longos yang sudah kami Inventarisasi, namun belum tercover tadi malam," terang Fikri.

Berikut Daftar Asta/Buju' dalam Tour Religi Sesepuh Desa yang dilakukan IKAPEMDES Longos di Malam 1 Suro:

1. Asta/Buju' Poles (Ny. Fatimah) Buabu
2. Buju' Jhan Angin (K. Hatif), Kotte
3. Buju' Ponjuk/Binteng (Nur Hasan & Nur Hasanah), Bintaro (Kotte)
4. Buju' Gindaga, Buabu
5. Buju' Saladi/Tobhatel (H. Abdullah/K. Saladi), Telenteyan
6. Asta Makam Pao (K. Murtanala), Polay
7. Buju' Pandita/Kalebun (K. Muhajar & Ny. Karena), perbatasan Longos-Banuaju Barat
8. Asta/Buju' Gerincang (K. Ahmad Mawardi), Telenteyan

(RK/Fiq)

TerPopuler