Refleksi HUT RI Ke-74, IKAPEMDES Longos Gelar Tahlil Kemerdekaan -->

Refleksi HUT RI Ke-74, IKAPEMDES Longos Gelar Tahlil Kemerdekaan

Selasa, 20 Agustus 2019, 4:45 AM
loading...
Refleksi HUT RI Ke-74, IKAPEMDES Longos Gelar Tahlil Kemerdekaan
Suasana Tahlil Kemerdekaan yang digelar IKAPEMDES Longos di malam Penutupan Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dan Gebyar Agustusan 2019, Senin (19/08/2019) malam. (Foto Fiq/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Sebagai refleksi HUT RI Ke-74, Ikatan Pemuda Desa (IKAPEMDES) Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Tahlil Kemerdekaan, Senin (19/08/2019) malam.

Kegiatan tersebut berlangsung di pendopo balai desa setempat dan dipimpin oleh Ketua Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Desa Longos, Ridhwan Khalqi.

Ketua IKAPEMDES Longos, Achmad Fikri Syah menjelaskan, Tahlil Kemerdekaan tersebut merupakan acara puncak dari Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dan Gebyar Agustusan 2019.

"Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 14 Agustus kemarin dengan Lomba Mewarnai sebagai pembuka Gebyar Lomba Agustusan yang kami gelar se-Desa Longos," ungkapnya saat ditemui E-KABARI.COM di sela-sela acara.

Kegiatan tersebut, kata Fikri, merupakan yang kedua kalinya. Tahun lalu, kegiatan yang sama digelar untuk kali pertama sebulan setelah IKAPEMDES Longos dibentuk dan dilantik oleh kepala desa.

"Ini akan kami jadikan kegiatan rutin setiap momentum HUT Kemerdekaan RI. Semoga kami bisa konsisten, istiqomah, dan lebih baik melaksanakannya tahun depan," harap Fikri.

Sebelum malam puncak digelar, sore hari Gebyar Lomba Agustusan 2019 diakhiri dengan Pawai Karnaval yang cukup meriah. Lomba tersebut diikuti oleh 13 peserta delegasi dari dusun-dusun, lembaga pendidikan formal maupun diniyah.

"Ada 12 lomba yang kami gelar sejak tanggal 14 kemarin. Sebanyak enam lomba bersifat edukatif, sedangkan 6 lainnya termasuk karnaval bersifat rekreatif," jelas Moh. Arifin mewakili Ketua Panitia, Rasyidi.

Sekretaris Panitia itu menambahkan, malam penutupan diisi dengan acara seremonial dan pembagian hadiah. Namun, sebagai agenda utama adalah Tahlil Kemerdekaan untuk para pejuang kemerdekaan bangsa.

Pantauan E-KABARI.COM di lokasi, sejumlah pemenang lomba edukatif ditampilkan untuk menghibur para undangan yang terdiri dari perangkat desa, pengurus BPD, dan para anggota organisasi pemuda yang ada di Desa Longos.

Ada penampilan Juara I Lomba Baca Puisi, Dacil, juga Shalawat dan Tartilul Quran yang didapuk mengisi tangga acara pembacaan shalawat nabi dan qiraatul quran.

Sebagian persembahan utama, para anggota IKAPEMDES Longos juga menampilkan drama spesial kemerdekaan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah para pemenang lomba hingga ditutup dengan doa. (RK/Fiq)

TerPopuler