Sumenep Batik On The Sea 2019, Bupati Busyro: Ini Kolaborasi Kultur dan Tradisi -->

Sumenep Batik On The Sea 2019, Bupati Busyro: Ini Kolaborasi Kultur dan Tradisi

Sabtu, 27 Juli 2019, 4:25 PM
loading...
Sumenep Batik On The Sea 2019, Bupati Busyro: Ini Kolaborasi Kultur dan Tradisi
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat bermain Layang-layang 3D pada kegiatan Sumenep Batik On The Sea 2019 di Pantai Slopeng. (Foto W/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Event Sumenep Batik On The Sea 2019 di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merupakan sebuah kolaborasi kultur dan tradisi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat memberikan sambutan sekaligus meresmikan salah satu agenda Visit Sumenep 2019 itu pada Sabtu (27/07/2019) siang.

Ia menyebut Sumenep Batik On The Sea bagian dari perhatian pemerintah daerah supaya batik tidak tergerus perkembangan zaman, bahkan menjadi pakaian sehari-hari.

"Makanya, konsep peragaan busana memakai pakaian batik itu (Fashion Batik Competition, red) sengaja mengkolaborasikan kultur dan tradisi masyarakat Sumenep," ujar Bupati Busyro.

Upaya pelestarian batik di Sumenep tidak hanya insidental dalam bentuk event saja. Selain melalui lomba, Bupati Busyro juga memberlakukan pemakaian seragam batik kepada siswa sekolah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sumenep.

“Pada hari-hari tertentu siswa berpakaian seragam sekolah batik Labang Mesem, sementara ASN setiap hari Selasa berpakaian batik Ganalan Billa Banten. Pada kegiatan lain juga berpakaian batik,” terangnya.

Baca Juga: Bakal Digelar di Pantai Slopeng, Sumenep Batik On The Sea Angkat Tema Art Of Colorfull Batik Madura. Yuk Merapat!

Bupati dua periode itu berharap, Sumenep Batik On The Sea mampu memperkuat identitas daerah dan mengangkat citra batik khas Sumenep, supaya semakin populer di Nusantara hingg dunia internasional.

“Saya mengajak seluruh pihak ikut serta melestarikan dan mengembangkan batik Sumenep, salah satunya dengan cara memakai serta membeli produk batik Kabupaten Sumenep,” ujar Bupati Busyro.

Pagelaran Sumenep Batik On The Sea kali ini berlangsung meriah. Masyarakat yang berkunjung ke acara tersebut nampak antusias menyaksikan berbagai rangkaian acara.

Pasalnya, Sumenep Batik On The Sea 2019 tak hanya menampilkan Fashion Batik Competition dan Pameran Batik saja. Ada Parade Layang-layang 3D yang memukau  mata, juga Lomba Fotografi yang menarik kaum muda.

Selain Bupati Busyro bersama sang istri, Nurfitriana, hadir dalam event Sumenep Batik On The Sea itu jajaran Forkompimda, para pimpinan OPD, Camat, dan ASN di Kabupaten Sumenep.

Masyarakat Sumenep dan luar kota pun tampak antusias menghadiri acara tersebut. Bahkan ada pula wisatawan mancanegara (mancanegara) seperti dari Perancis, Singapura, dan lainnya. (S/M/RK/Fiq)

TerPopuler