Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Layak Sembelih -->

Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Layak Sembelih

Rabu, 31 Juli 2019, 12:31 PM
loading...
Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Layak Sembelih
Tim DKPP Pamekasan saat melakukan pemeriksaan hewan qurban jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Mendekati Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur gelar Inspeksi Mendadak (Sidak) pengawasan hewan qurban Sapi dan Kambing.

Kegiatan pemeriksaan tersebut rutin dilakukan setiap tahun oleh DKPP, untuk memastikan hewan-hewan qurban dalam keadaan sehat, aman, dan stok tercukupi alias layak sembelih dan konsumsi.

Kepala DKPP Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, sebelum kegiatan itu dilakukan, pihaknya juga sudah menyebarkan imbauan agar hewan betina produktif tidak dijual sebagai hewan qurban.

"Pemeriksaan hewan kali ini bisa dipastikan aman. Sebagian hewan hanya mengalami sakit mata ringan, dan bisa langsung diobati," ucapnya, Rabu (31/07/2019).

"Kami minta semua hewan qurban memiliki surat keterangan sehat hewan yang ditandatangani oleh dokter hewan," imbuh Bambang.

Sementara menurut Lilik, Kasi Kesmavet DKPP Pamekasan, kegiatan pemeriksaan hewan qurban layak sembelih itu sudah dilaksanakan sejak tanggal 24 Juli dan akan berakhir pada tanggal 10 Agustus 2019.

"Kami di lapangan akan tetap melakukan pemeriksaan sampai Hari Raya Idul Adha, atau sampai selesai pemotongan hewan qurban," ungkapnya.

Lilik juga menyebutkan, selama pemeriksaan hewan berlangsung sejak seminggu yang lalu, sudah ada 400 kambing dan 10 ekor sapi yang sudah diperiksa.

"Di antaranya di Desa Pademawu Barat, Dasok, Larangan, Jalan Bhayangkara, dan juga di Jalan Sersan Mesrul," ujar Lilik. (Ir/Fiq)

TerPopuler