Bakal Digelar di Pantai Slopeng, Sumenep Batik On The Sea Angkat Tema Art Of Colorfull Batik Madura. Yuk Merapat! -->

Bakal Digelar di Pantai Slopeng, Sumenep Batik On The Sea Angkat Tema Art Of Colorfull Batik Madura. Yuk Merapat!

Kamis, 18 Juli 2019, 10:21 AM
loading...
Bakal Digelar di Pantai Slopeng, Sumenep Batik On The Sea Angkat Tema Art Of Colorfull Batik Madura. Yuk Merapat!
Poster event Sumenep Batik On The Sea 2019. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Satu lagi agenda Visit Sumenep 2019 bakal digelar di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk pada Sabtu (27/07/2019) mendatang. Adalah Sumenep Batik On The Sea 2019 yang mengangkat tema "Art Of Colofull Batik Madura".

Event yang bakal digelar sepekan lagi itu akan dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara. Mulai dari Parade Layang-Layang, Pameran Batik, Lomba Fashion, dan Lomba Fotografi.

Ketua Pelaksana Sumenep Batik On The Sea, Sigit Tri Atmoko menyebut festival batik tersebut sangat penting. Pasalnya acara tersebut menjadi upaya memperkenalkan budaya batik Madura dengan berbagai corak ragamnya di kalangan nasional dan internasional.

"Batik Madura terkenal dengan corak pewarnaan tajam serta motif tumbuhan dan hewan, merupakan warisan leluhur yang mempunyai nilai hirarki yang sangat tinggi," ungkapnya Sigit, Rabu (18/07/2019).

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan corak warna yang tajam pada batik Madura bukan tidak memiliki makna. Tetapi, justru menggambarkan karakter Madura yang tegas dan berpendirian yang kuat.

Baca Juga: Meriahkan Festival Pesta Rakyat Kupatan 2019, Pemkab Sumenep Bagi-bagi 1000 Porsi Ketupat Urap

"Batik Madura sekarang mulai terkenal dikalangan nasional maupun internasional. Demi melestarikan dan mengembangkan batik Madura pada kalangan kaum milenial, maka diselenggarakan lah berbagai event fashion," jelas dia.

Sumenep Batik On The Sea 2019 merupakan event tahunan yang dimulai sejak tahun 2018. Konsepnya mencampurkan antara keindahan pesona pantai yang tersebar di berbagai daerah Sumenep dengan pesona batik Madura.

Tahun ini, Sumenep Batik On The Sea akan dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara. Salah satunya, kata Sigit, adalah Lomba Fashion atau Batik Competition yang ditanganinya.

Untuk Batik Competition, pesertanya terdiri dari pria dan wanita yang terbagi meniadi 4 kategori. Antara alain, kategori Anak-anak Α usia 4 - 9 tahun. Sedangkan kategori Anak-anak Β usia 10 - 12 tahun.

Untuk kategori Remaja Pria usia 13 - 25 tahun. Sementara kategori Remaja Wanita usia 13 - 25 tahun.

Baca Juga: Recommended, Eksotika Gua Soekarno Akan Membuat Pengunjung Melongo

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan Budaya Batik dengan berbagai corak ragamnya kepada kaum milenial lewat event fashion dan budaya tradisional Madura," tegas Sigit.

Namun, secara umum event Sumenep Batik On The Sea 2019 ini tentu saja memiliki target sebagaimana agenda Visit Sumenep lainnya. Yakni menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Informasi yang dihimpun E-KABARI.COM, Sumenep Batik On The Sea 2019 bakal dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim, Kepala Disbudparpora Provinsi Jawa Timur, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budparpora se-Jawa Timur.


Akan hadir pula Pengusaha se-Indonesia, Pengrajin Batik Se-Jawa Timur, Pengusaha Batik se-Jawa Timur, Perancang Busana se-Jawa Timur, Pecinta Fashion se-Jawa Timur, Fotografer se-Jawa Timur, dan Pecinta Layang Layang se-Jawa Timur. (RK/Fiq)

TerPopuler