Gebyar Sosialisasi Gemarikan 2019, Kenalkan Potensi Laut Pada Masyarakat -->

Gebyar Sosialisasi Gemarikan 2019, Kenalkan Potensi Laut Pada Masyarakat

Kamis, 04 Juli 2019, 11:47 AM
loading...
Gebyar Sosialisasi Gemarikan 2019, Kenalkan Potensi Laut Pada Masyarakat
Bupati Busyro bersama Ketua Forikan Sumenep Nurfitriana didampingi Kadis Perikanan Ir. Arif Rusdi, M.Si saat meninjau stan Pameran Olahan berbahan dasar Ikan. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Melalui Gebyar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ingin perkenalkan potensi laut pada masyarakat luas.

Dengan kegiatan yang dipusatkan di Taman Adipura atau Taman Bunga Sumenep pada Rabu (03/07/2019) malam itu, diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Sumenep.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumenep, Nurfitriana Busyro ketika sambutan menjelaskan, konsumsi ikan di Sumenep dalam beberapa tahun terakhir sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang dikantongi pihaknya, konsumsi ikan di Sumenep tahun 2018 tertinggi di Jawa Timur, yakni 55,49 kilogram perkapita pertahun.

Bahkan, jumlah itu bukan hanya mengalahkan konsumsi ikan Jawa Timur yang hanya 36,53 kilogram perkapita pertahun. Akan tetapi, juga melampaui konsumsi ikan nasional.

"Namun upaya peningkatan konsumsi ikan terus kami lakukan melalui berbagai pihak, di antaranya kader PKK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), guna mendukung kecerdasan anak sekaligus pencegahan penderita stunting," ungkapnya.

Baca Juga: Sukses Turunkan Angka Stunting, Bupati Sumenep Diundang Jadi Narasumber

Sebagai daerah maritim, Kabupaten Sumenep menjadi daerah penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Sehingga dengan adanya program Gemarikan, Nurfitriana yakin dapat memacu semangat semua pihak dalam memaksimalkan potensi perikanan.

Analisa tersebut selaras dengan pernyataan Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim. Bahwa potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Sumenep sangat perlu untuk dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi perikanan di Sumenep terbesar di Jawa Timur. Sebab, Sumenep memiliki banyak pulau yang berpotensi menjadi lumbung ikan. Makanya, perlu dikelola dengan maksimal,” kata Bupati Busyro.

Karena itu, demi menarik minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan, dalam Gebyar Sosialisasi Gemarikan tahun ini Pemkab Sumenep melalui Dinas Perikanan menggelar lomba olahan berbagai jenis ikan.

“Tujuannya biar masyarakat luas tahu jika Sumenep bukan cuma daerah penghasil ikan, melainkan juga bisa mengolah ikan-ikan yang ada dengan berbagai macam olahan,” ungkap Bupati Busyro.

Selain Bupati dan Ketua Forikan, hadir pada kegiatan Dinas Perikanan tersebut, Komandan Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep yang diwakili Wakapolres Kompol Sutarno, S.H., dan Kajari Sumenep Bambang Panca Wahyudi Hariadi, S.H., M.H.

Ketua Pengadilan Negeri Sumenep Ahmad Bukhori, S.H., M.H., Ketua DPRD Sumenep H. Herman Dali Kusuma, M.H. bersama Sekda Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, serta segenap Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sumenep juga hadir pada acara tersebut.

Pasca seremonial, Bupati Busyro bersama Ketua Forikan Sumenep, Nurfitriana Busyro serta anggota Forkompida menyerahkan ikan segar kepada masyarakat. Mereka juga meninjau stand peserta lomba memasak berbahan dasar ikan tengiri, lele dan nila sebagai menu keluarga. (Kris/RK/Fiq)

TerPopuler