Ini Salah Satu Penyebab Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Sumenep -->

Ini Salah Satu Penyebab Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Sumenep

Rabu, 15 Juli 2020, 9:00 AM
loading...
Ini Salah Satu Penyebab Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Sumenep
Ferdiansyah Tetrajaya, SH, Humas Satgas Penanganan Covid-19 Sumenep. (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Humas Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ferdiansyah Tetrajaya mengungkapkan salah satu penyebab penambahan kasus positif Covid-19 terus terjadi.

Menurutnya, masih banyak masyarakat Sumenep yang belum menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan tingkat disiplin yang tinggi. Contohnya, masih banyak sekali yang belum secara konsisten untuk memakai masker dengan benar.

"Ini yang menjadi salah satu penyebab penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 terus terjadi di Sumenep," katanya, Selasa (14/07/2020) malam.

Tidak menggunkan masker dengan benar, tidak menjaga jarak dan tidak rajin mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas di luar, kata Ferdiansyah, menjadi salah satu sebab kasus positif Covid-19 terus bertambah.

"Oleh karena itu, kami mengingatkan kembali bahwa upaya untuk mengendalikan sebaran Covid-19 ini kuncinya adalah kesungguhan kita dengan menjalankan protokol kesehatan dengan benar," imbaunya.


Ferdiansyah mengajak masyarakat untuk menyakini bahwa menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang di sekitar, serta rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir sebagai satu-satunya cara yang paling efektif dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Dan itu harus dimulai dari diri kita masing-masing. Kita pasti bisa melakukannya," imbuh Humas Satgas Penanganan Covid-19 itu.

Perlu diketahui, peta sebaran Covid 19 di Sumenep saat ini, dari 27 kecamatan sudah  sebanyak 20 kecamatan berada pada posisi zona merah, sedangkan 7 kecamatan masih berada pada zona hijau.

Ke 20 kecamatan zona merah itu adalah seluruh kecamatan di wilayah daratan ditambah Kecamatan Talango dan kecamatan Ra’as di wilayah kepulauan.

Adapun pasien positif Covid-19 di Sumenep hingg saatbini berjumlah 144 kasus, ODP tetap 1 kasus, PDP 24 kasus, 53 pasien sembuh, dan sebanyak 4 orang dinyatakan meninggal dunia. (RK/Fiq/*)

TerPopuler