Mau Konsisten Nulis Tiap Hari, Catat 9 Tips Jitu Ini -->


Mau Konsisten Nulis Tiap Hari, Catat 9 Tips Jitu Ini

Minggu, 03 Februari 2019, 8:36 AM
loading...
Ilustrasi. (pexels.com/bruce mars)

Biar gak sekadar jadi wacana resolusi 2019

E-KABARI.COM - Pernah gak sih kamu menemukan seorang blogger yang konsisten update blog-nya dengan konten-konten anyar setiap hari? Atau, pernah tahu tentang seorang penulis yang telah menerbitkan puluhan judul buku sejak awal dia mulai berkarier? Sudah barang tentu, mereka bisa seperti itu karena rutin mempraktikkan agenda menulis setiap hari.

Nah, bila agenda menulis setiap hari menjadi salah satu resolusimu di tahun 2019 namun masih belum juga terealisasi, yuk coba simak 9 tips ampuh berikut. Dengan menata ulang niat dan komitmen, seharusnya kamu bisa rutin menulis setiap hari setelah baca artikel ini.

1. Setiap kali terbangun di pagi hari, pikirkan topik atau tema apa yang mau kamu angkat menjadi tulisanmu hari ini
Topik atau tema merupakan hal pokok utama yang harus kamu temukan pertama kali saat akan bikin tulisan. Tanpa ada topik, mustahil kamu bisa punya ide untuk menulis. Kunci menemukan topik adalah kamu harus kreatif dan gak bosan untuk mencari.

Kamu bisa mulai berburu tema tulisan sejak kamu terbangun dari tidur pagimu. Misalnya, memanfaatkan waktu kosong saat menunggu giliran antrean mandi, saat sedang sarapan, atau saat di dalam bus menuju tempat kerjamu. Begitu kamu sudah punya topik untuk menulis, langkah berikutnya bakal lebih mudah.

2. Kalau kamu kesulitan mendapat ide menulis, coba lakukan tips ini
Jangan keburu putus asa kalau di momen tertentu kamu bakal bingung atau kesulitan menemukan topik untuk tulisan kamu. Apalagi kalau kamu sudah mulai rutin menulis setiap hari. Kamu pasti butuh ide-ide segar baru untuk kamu bahas di tulisan terbarumu.

Ketika kamu merasa buntu karena gak kunjung dapat topik baru untuk tulisanmu, ini justru jadi kesempatan kamu untuk lebih mengasah kreativitas. Coba deh untuk menggali ulang pengalaman hidupmu yang kamu anggap menarik untuk diulas. Biasanya, self experiences adalah tema paling mudah untuk kamu angkat sebagai karya tulismu.

Namun, bila gak ketemu-ketemu juga, coba untuk berburu ide menulis dari sumber-sumber berikut ini:

dari pengalaman orang lain (bisa pasangan, teman, keluarga, atau bahkan artis)
dari baca tulisan/artikel orang lain
dari baca buku
dari baca feed di Instagram
dari lihat foto di Instagram
dari momen jalan-jalanmu ke suatu tempat
dari menonton film dan drama Korea
dari hobi
dari aktivitas keseharian kamu

Dari segitu banyaknya sumber inspirasi, dijamin kamu pasti gak akan bingung lagi akan menulis tentang tema apa untuk hari ini.

3. Sudah dapat tema untuk menulis? Segera catat di notes kamu biar gak lupa!Bisa saja dalam sekali waktu kamu memutar otak untuk mendapat ide menulis, kamu justru bisa dapat dua atau tiga tema sekaligus. Wah, beruntung sekali! Kamu jadi punya stok topik menulis untuk esok hari, deh.

Yang perlu diperhatikan, saat kamu sudah mendapat sebuah topik baru, jangan lupa untuk langsung mencatatnya dalam notes kamu, ya. Tanpa mencatatnya, kamu berisiko kehilangan semua ide-ide menulismu tadi karena lupa.

4. Sembari menunggu dosen datang atau saat jam makan siang kantormu, mulailah memikirkan kalimat pertama apa yang kira-kira cocok untuk paragraf pembuka tulisanmu
Kalimat pembuka atau paragraf awal dalam sebuah tulisan adalah kunci keberhasilanmu untuk membuat isi tulisan hingga paragraf penutup. Bagi orang-orang yang sudah terbiasa menulis, asal kalimat pembuka sudah dipegang, umumnya mereka bakal lancar membuat isi tulisan hingga paragraf terakhir.

Mengingat betapa urgent-nya kalimat pembuka ini, maka jangan ragu menggunakan waktu luangmu untuk terus mengembangkan topik yang kamu punya, ya. Dengan semakin banyak berlatih, kamu pasti akan makin mahir.

5. Sudah dapat kalimat pembukanya? Ayo, lekas dicatat lagi di notes kamu, ya!
Seperti halnya poin nomor 3, kamu kudu buru-buru mencatat kalimat pembuka tulisanmu ke dalam notes. Bila tidak, kamu akan kerja dua kali seandainya tiba-tiba saja lupa.

6. Saat tema dan kalimat pembuka tulisan sudah dapat, kamu tinggal bikin isinya, deh!
Nah, di tahap menulis isi atau inti tulisan, sebelumnya kamu perlu bikin jadwal paten dulu nih, kapan kamu akan rutin menyelesaikan tulisan kamu setiap hari. Apakah setiap pulang kerja, setiap jam 3 pagi, atau setiap waktu kosongmu di kampus. Saat kamu sudah punya jadwal rutin begini, kamu tinggal berkomitmen untuk memenuhinya.

Karena kamu sudah pegang topik tulisan dan kalimat pembukanya, artinya kamu akan lebih mudah mengembangkannya ke dalam isi atau inti tulisan. Beban kamu gak berat-berat banget untuk menuntaskan tulisanmu, termasuk menentukan judul tulisan, ya. Kamu cuma butuh kecermatan berpikir dan kecerdikan mengolah kata.

7. Supaya lebih enak dibaca dan isi tulisanmu gak terlalu panjang, kamu bisa pakai format listicle
Seperti artikel yang kamu baca saat ini, merupakan bentuk tulisan dengan format list article atau lebih familier dengan istilah listicle. Format listicle menjadi andalan IDN Media lho, karena terbukti lebih menarik dan lebih enak dibaca oleh masyarakat millennial.

Selain itu, kelebihan lain dari format listicleadalah tulisanmu lebih to the point, yang berarti kamu gak butuh kalimat basa-basi yang terlalu panjang. Kamu bakal lebih cepat menyelesaikan tulisan tanpa mengurangi esensi dari tulisan kamu.

8. Biar makin bersemangat menulis tiap hari, kamu bisa kirim tulisanmu ke media online, seperti IDN Times Community
Siapa yang gak bangga sih kalau tulisan yang kamu bikin banyak yang baca dan banyak yang mendapat manfaat darinya? Apalagi kalau tulisanmu tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Jika tulisanmu dalam bentuk naskah buku, kamu bisa kirimkan ke penerbit untuk mendapat peluang diterbitkan. Sedangkan bila bentuk tulisanmu sejenis artikel, kamu bisa kirimkan ke media online, seperti IDN Times Community. Selain 'memaksamu' untuk lebih semangat menulis setiap hari, mengirimkan karya tulismu ini bisa berpeluang menggendutkan rekeningmu, lho.

9. Terakhir, cukup lakukan 8 langkah tadi secara kontinyu setiap hari
Tips kesembilan ini hanya ingin memberitahumu saja bahwa ketika kamu sudah terbiasa melakukan kedelapan langkah tadi secara kontinyu, kamu bakal membuktikan bahwa bukan hal mustahil buat kamu untuk bisa konsisten menghasilkan karya tulis setiap hari.

Walaupun awalnya mungkin berat, semakin lama kamu akan terbiasa kok dengan rutinitas menulis setiap hari. Malah bila sudah kecanduan, kamu justru bakal merasa ada yang kurang kalau sehari saja belum menulis. Gak percaya? Coba deh buktikan sendiri.


Sumber: IDN Times

TerPopuler